Senin, 21 Januari 2019

DKP Kab.Kep. Selayar, Gencar Sosialisasi Asuransi Nelayan Mandiri

MEDIA SELAYAR. Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Selayar hingga akhir tahun 2018, mengklaim sebanyak 1.250 nelayan di daerah kepulauan ini sudah tercover bantuan Premi Asuransi Nelayan (BAPN).

Dimana asuransi ini telah diberikan secara gratis oleh pemerintah. Demikian dijelaskan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kep. Selayar, Ir. Makkawaru, saat ditemui diruang kerjanya pada Senin 21 Januari 2019.

Program Asuransi Nelayan dilaksanakan dengan payung hukum peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 18 Tahun 2016. Dimana dari target 6.250 nelayan didaerah ini, sudah tercover 1.250 nelayan.

Memang ada beberapa kendala untuk mendaftarkan nelayan kita, sebagai peserta asuransi, yakni dari batasan umur, dari 17 - 65 tahun saja. Dan banyak nelayan kita yang terpaksa tidak bersyarat untuk dijadikan peserta asuransi nelayan, jelas Ir. Makkawaru.

Bila sudah tercover asuransi tersebut, maka nelayan berhak mendapat santunan kecelakaan akibat aktivitas penangkapan ikan di laut. Per orang berhak mendapatkan santunan sebesar Rp 160 juta apabila meninggal dunia, Rp 100 juta apabila cacat tetap dan Rp 20 juta untuk biaya pengobatan.

“Klaim asuransi khusus di tahun 2017-2018 mencapai 33 kasus, dengan besaran klaim yang beragam hingga Rp 160 juta" jelas Ir. Makkawaru.

Lebih lanjut Ir. Makkawaru menjelaskan bahwa saat ini pihaknya terus mensosialisasikan program asuransi nelayan mandiri, mengingat mulai tahun 2018, kami tidak lagi bisa melakukan pengusulan asuransi gratis.  

Akan tetapi ada jalan keluarnya, yakni nelayan boleh ikut asuransi secara mandiri dari Jasindo dengan nilai premi Rp 175 ribu per tahun untuk tiap nelayan dan ada juga premi 100 ribu pertahun untuk tiap nelayan.

"Nelayan yang berminat menjadi peserta asuransi nelayan mandiri, bisa mendaftar di Dinas Perikanan, selanjutnya akan dipandu untuk kelengkapan pendaftarannya, jelas Makkawaru.

Kami terus mensosialisasikan hal ini kepada seluruh nelayan, mulai dari nelayan pesisir di daratan Selayar, hingga ke wilayah kepulauan.  Kami hanya memfasilisitasi dan memberikan sosialisasi agar kesadaran akan pentingnya asuransi dapat diketahui masyarakat nelayan kita. kuncinya.


(Lo2)

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Media Selayar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

MEDIA SELAYAR. Diberdayakan oleh Blogger.