.

Media Selayar

Medianya Orang Selayar

Home » , , , , , , , » BMKT Di Laut Selayar Masuk Titik Rawan Penjarahan

BMKT Di Laut Selayar Masuk Titik Rawan Penjarahan

Penulis Media Selayar TV on Sabtu, 07 Januari 2017 11.02.00


MEDIA SELAYAR. Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dalam konferensi pers refleksi 2016 dan outlook 2017 di kantornya, Jakarta, Jumat (6/1) menyatakan akan meningkatkan pengawasan di perairan Indonesia yang menyimpan harta karun atau Benda Muatan Kapal Tenggelam (BMKT). Hal ini sebagai program pengawasan sumber daya kelautan di 2017.

Dari data yang ada, perairan laut Kabupaten Kepulauan Selayar termasuk di dalam 640 titik kapal tenggelam berada di perairan laut seluruh Indonesia. Lokasi dengan harta karun tersebut bukan hanya diketahui oleh pemerintah Indonesia, tapi juga negara lain. Dan kapal-kapal yang tenggelam itu berasal dinasti ming atau berasal dari negara lainnya misalnya Belanda dan Australia serta negara lainnya. Dan dipastikan bahwa negara-negara lain tersebut dipastikan memiliki data terkait kapal-kapal mereka yang tenggelam di perairan laut Indonesia.

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal PSDKP, Sjarief Widjaja mengungkapkan bahwa pemerintah hingga saat ini masih memberlakukan aturan penghentian sementara (moratorium) izin pengangkatan BMKT oleh swasta termasuk asing. Kebijakan ini didasari upaya pengangkatan harta karun bawah laut oleh pemerintah, namun ternyata sulit dalam pengelolaannya.

Sejumlah titik-titik harta karun yang diberitakan kerap dijarah diantaranya Kepulauan Natuna, Pulau Anambas, Pantai Timur Sumatera, dan Pantai Utara Jawa banyak titik BMKT," kata Sjarief.

Termasuk diantaranya seringnya terjadi pencurian dan penajarahan harta karun bawah laut seperti yang terjadi di Pulau Natuna, Kepulauan Selayar, dan Belitung. Lokasi-lokasi inilah yang akan menjadi program pengawasan di 2017. (*) 

BERITA TERBARU :
Wakil Bupati Kep.Selayar Hadiri Acara Pisah Sambut Kapolda Sulsel

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar

BERLANGGANAN BERITA

 
Alamat Redaksi Jl.Mkr Bonto No 28 | Benteng Kab-Kep-Selayar -92812- email- radiocontrend at yahoo dot co dot id-
CP-081 241 927 000-Media Selayar--Sulawesi-Selatan--Indonesia
KAMI BANGGA- DAN BERTERIMA KASIH- KEPADA PEMBACA DAN PENDENGAR
STAY TUNE 98,3 FM--SEMUA UNTUK SELAYAR