Iklan

KPU Sulsel Launching Pilgub 2024, Usung Tagline Pilkada untuk Kita

Minggu, 19 Mei 2024 | 08:17 WIB Last Updated 2024-05-20T08:56:11Z


MEDIA SELAYAR.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan melaunching Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024, di Lego-Lego CPI, Makassar, Sabtu (18/5/2024) malam. 

Launching Pilkada Serentak 2024 tersebut mengusung tagline, "Pilkada untuk Kita". Dalam acara itu juga diperkenalkan maskot To Lempuq yang akan dipakai di Pilkada serentak 2024.

Maskot ini menyimbolkan ciri khas masyarakat Sulawesi Selatan. To Lempuq memiliki arti orang jujur dan sanggup mengaplikasikan slogan orang bugis taro ada taro gau.

To Lempuq menampilkan tokoh kartun berupa kotak suara, bercorak putih, emas, dan hitam dengan memakai songkok recca, yang melambangkan anggun, amanah, jujur, berwibawa, dan penuh etika dalam berbudaya.


Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU RI Mochammad Afifuddin, Forkopimda Provinsi Sulawesi Selatan, Komisioner KPU Sulsel, perwakilan kepala daerah, Pimpinan Parpol, KPU dan Bawaslu 24 kabupaten/kota se- Sulawesi Selatan. 

Ketua KPU Sulsel, Hasbullah, S.Sos., M.Kesos., mengatakan peluncuran tersebut menanjadi tanda dimulainya tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024, yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 November mendatang. Bahkan, KPU juga telah melakukan perekrutan PPK dan PPS. 

"Tahapan kita sudah mulai tanggal 16 Mei kemarin, 24 kabupaten/kota telah melantik PPK, sebagai penanda bahwa badan Ad-hoc kami sudah terbentuk dan siap bekerja melaksanakan tugas-tugas teknis terkait dengan proses tahapan lanjutan. Tahapan yang berjalan sekarang adalah proses seleksi PPS. Ini juga adalah penanda bahwa kami KPU, sebagai penyelenggara siap melaksanakan Pilkada Serentak 2024," kata Hasbullah. 

Lanjut, Hasbullah menjelaskan makna dari tagline Pilkada untuk kita, bagi pemilih memaknai sebagai tanggung jawab untuk memilih pemimpin itu penting.

"Semua pemilih harus bertanggungjawab terhadap pilihannya. Pemilih harus memikirkan siapa calon terbaik yang bisa membawa daerah jauh lebih baik kedepan," katanya.

Sementara, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU RI Mochammad Afifuddin berharap Pilkada Serentak dapat berjalan dengan lancar dan sukses,  sesuai dengan tagline, Pilkada untuk Kita. Dia juga mengharapkan agar semua pihak mengambil peran dan saling bersinergi demi suksesnya Pilkada Serentak 2024 di Sulsel.

“Kami berharap tagline Pilkada untuk kita, itu benar-benar kita bisa dimaknai sebagai hajatan kita bersama,” ujar Afifuddin. 

Untuk itu, ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menyongsong perhelatan Pilkada serentak ini sebagai ritual yang menggembirakan dan peristiwa yang biasa dilakukan, sehingga dalam proses Pilkada, masyarakat dapat menghadapinya dengan biasa saja. 

"Pilkada ini bagian dari rutinitas penggantian, keberlanjutan, dan juga kesinambungan dari pembangunan. Sehingga pada saatnya, masyarakat mendapatkan pemimpin yang benar-benar membawa kesejahteraan kepada rakyat,“ imbuh Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU RI, Mochammad Afifuddin. (R).

KPU Sulsel Launching Pilgub 2024, Usung Tagline Pilkada untuk Kita

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KPU Sulsel Launching Pilgub 2024, Usung Tagline Pilkada untuk Kita

Trending Now

Iklan