Iklan

Kapolres Kepulauan Selayar Jadi Irup di Tiga Lokasi Upacara Peringatan Hari Pahlawan

Sabtu, 11 November 2023 | 10:47 WIB Last Updated 2023-11-11T02:47:06Z


MEDIA SELAYAR.
Kapolres Kepulauan Selayar AKBP. Ujang Darmawan Hadi Saputra, SH.,S.IK.,MM.,M.IK., diamanatkan untuk menjadi Inspektur Upacara dalam rangkaian Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2023 di 3 (Tiga) lokasi berbeda.

Hal itu menjadi momentum tersendiri bagi Kapolres Kepulauan Selayar dan sebagai wujud tanggung jawab, baik sebagai Kapolres maupun sebagai Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Alumni Akpol Tahun 2003 ini pada pukul 07.30 Wita, memimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan di kantornya, dan diikuti Para Kabag, Kasat, Perwira, Bintara dan ASN Lingkup Polres Kepulauan Selayar.

Dari Mapolres, selanjutnya pada pukul 08.00 Wita, Kapolres langsung bergabung dengan Jajaran Forkopimda di Kantor Bupati Kepulauan Selayar untuk mengikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tingkat Kabupaten dengan Inspektur Upacara Wakil Bupati H. Saiful Arif, SH dan diikuti oleh Forkopimda, Para Kepala Instansi Vertikal, OPD, Anggota DPRD, Pimpinan Lembaga, BUMN dan BUMD, Undangan serta peserta upacara lainnya.

Setelah mengikuti ipacara di Kantor Bupati, pada pukul 08.30 Mantan Kasat Reskrim Polrestabes Makassar ini langsung menunju ke Pelabuhan Benteng Selayar, untuk menjadi Inspektur Upacara Tabur Bunga yang masih merupakan rangkaian peringatan Hari Pahlawan. 

Tidak sampai disitu, pada pukul 09.00 Wita, dirinya langsung menuju ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Barugaiya Kecamatan Bontomanai, dan kembali menjadi Inspektur Upacara Ziarah Taman Makam Pahlawan.

Untuk diketahui, Upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional  tahun ini mengusung Tema “Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa Dalam Memerangi Kemiskinan Dan Kebodohan”. 

Tema ini diusung supaya generasi sekarang dapat memaknai semangat para pahlawan dalam konteks hari ini dan masa depan. Serta membangun ingatan kolektif bangsa agar dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari. 

Peringatan Hari Pahlawan juga diharapkan dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, meningkatkan rasa kecintaan serta kebanggaan sebagai bangsa dan Negara Indonesia.

Pada upacara peringatan yang berlangsung di Halaman Mapolres, Inspektur Upacara membacakan Sambutan Menteri Sosial RI Tri Rismaharini.

Disampaikan, tema yang diangkat tersebut, melalui renungan mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan moderen yang kian nyata.

"Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral. Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara," kata Mensos sebagaimana dibacakan Irup.

Ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. 

"Tidak mudah menang, tetapi pasti bisa. Kerena pahlawan bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan" tambahnya. (Humas Polres Selayar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kapolres Kepulauan Selayar Jadi Irup di Tiga Lokasi Upacara Peringatan Hari Pahlawan

Trending Now

Iklan