Iklan

BPKP Sulsel Bantu Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar Kelola Perencanaan dan Penganggaran

Media Selayar
Jumat, 10 Februari 2023 | 12:49 WIB Last Updated 2023-02-10T04:53:55Z

Pemkab Selayar Kelola Perencanaan dan Penganggaran

MEDIA SELAYAR
- Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan Rizal Suhaili memimpin pra-entry Meeting penugasan Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran (Evran) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar. Bertempat di Ruang Rapat Latimojong, kegiatan ini diikuti oleh Koordinator Pengawasan Bidang APD 1 Tonny Royke Supit, pengendali teknis, dan Pejabat Fungsional Auditor Bidang APD.

Terhubung secara virtual, Bupati Kabupaten Selayar Muh. Basli Ali mengapresiasi langkah yang dilakukan Perwakilan BPKP Sulsel. “Saya bersyukur ini kalau ada kunjungan (pelaksanaan kegiatan evran) supaya kita bisa diberikan masukan dan arahan bagaimana mengelola anggaran ini agar tersampaikan semua,” ujar Basli.

Evaluasi perencanaan dan penganggaran yang akan dilaksanakan Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan pada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar meliputi dokumen perencanaan dan penganggaran dengan berfokus pada sektor wajib, yaitu ketahanan pangan dan pariwisata, serta sektor pilihan, yakni perikanan. Efektivitas dan efisiensi dari setiap program, kegiatan, dan subkegiatan akan dianalisis sehingga menghasilkan perencanaan yang berorientasi pada hasil dan bermanfaat bagi masyarakat.

Melalui kegiatan pengawasan ini diharapkan dapat menghasilkan informasi terkait kondisi di lapangan setiap pemerintah daerah yang dijadikan uji petik atas kegiatan evaluasi perencanaan dan penganggaran yang dilaksanakan. “Bagaimana dua program dan satu program pilihan tadi bisa jalan ngga dengan kondisi sekarang,” jelas Rizal. Menurutnya, setiap daerah memiliki kekhususan dan prioritasnya sendiri yang tidak termasuk dalam mandatory spending ini.

Selain kegiatan evaluasi atas perencanaan dan penganggaran dalam kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Sulsel turut menyampaikan rencana bimbingan teknis dalam rangka peningkatan maturitas SPIP Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar. Melalui perbaikan area of improvement (AoI) diharapkan dapat menjadikan Pemkab Selayar menjadi Level 3. (*).

Editor   :  A. Lolo

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BPKP Sulsel Bantu Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar Kelola Perencanaan dan Penganggaran

Trending Now

Iklan