Iklan

PSDKP Selayar Temukan Kerusakan Terumbu Karang Dilokasi Kandasnya LLB Sukses 18

Sabtu, 14 Januari 2023 | 04:56 WIB Last Updated 2023-01-13T20:56:31Z


MEDIA SELAYAR.
Petugas Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Satker Selayar melakukan peninjauan awal terhadap kerusakan lingkungan yang diakibatkan kandasnya Tongkang LLB Sukses 18 di Pantai sebelah barat Pulau Kayuadi, Kecamatan Taka Bonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, pada Jum'at (13/1/2023). 

Koordinator PSDKP Satker Selayar Syaiful Asri, saat dikonfirmasi kepada Pewarta membenarkan bahwa pihaknya telah melakukan peninjauan awal lokasi terdamparnya Tongkang LLB Sukses 18.

Bahkan, Syaiful Asri menyebut berdasarkan hasil peninjauan awal dilokasi kandasnya Tongkang tersebut, ditemukan adanya kerusakan karang. 

"Kami tadi melakukan peninjauan awal lokasi, memang ada kerusakan", kata Koordinator PSDKP Satker Selayar Syaiful Asri. 

Namun, dalam penentuan luasan rusaknya terumbu karang yang ditimbulkan akibat kandasnya Tongkang LLB Sukses 18, belum diketahui secara pasti karena memang pihak PSDKP baru melakukan pemantauan awal. 

Begitupun halnya dengan besaran potensi kerugian negara atas kerusakan lingkungan yang terjadi. Koordinator PSDKP Satker Selayar Syaiful Asri membeberkan jika hal tersebut hanya bisa ditentukan oleh ahli dibidangnya. 

"Untuk menentukan luasan dan besarnya potensi kerugian negara nanti ahli yang bisa menentukan", jelas Syaiful Asri. 

Sementara itu, informasi lain yang diterima Pewarta, bahwa akibat terdamparnya Tongkang LLB Sukses 18, telah merusak terumbu karang mulai dari kedalaman 5 meter sampai di kedalaman 3 meter, hingga posisi terakhir kandasnya LLB Sukses 18.

Untuk diketahui, Tongkang LLB SUKSES 18 ditemukan terdampar di Pantai sebelah barat Pulau Kayuadi tepatnya di Desa Batang, Kecamatan Taka Bonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, pada Jumat (6/2/2023) lalu. 

Namun, pada Jumat (13/1/2023) pagi, Tongkang LLB Sukses 18 dengan muatan semen campur kapur yang terdampar tersebut telah meninggalkan Pulau Kayuadi, dengan ditarik oleh Kapal tugboat TB. Sukses 17.

"Sudah berangkat tadi pagi setelah diundang Syahbandar untuk klarifikasi dokumen kapal dan muatan dinyatakan lengkap dan sah, maka oleh Syahbandar mengeluarkan SPB untuk melanjutkan perjalanan", jawab Kapolsek Taka Bonerate, Ipda. Hasan, pada Jumat (13/1/2023) sore. 

Kapal tugboat TB. Sukses 17 telah menarik tongkang LLB Sukses 18 dan pergi meninggalkan Pulau Kayuadi pada Jumat pagi, namun belum diketahui akan menuju kemana. (Tim). 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PSDKP Selayar Temukan Kerusakan Terumbu Karang Dilokasi Kandasnya LLB Sukses 18

Trending Now

Iklan