Iklan

5 Korban Selamat KLM. Kasman Indah Berangkat dari Pulau Kayuadi Menuju Pelabuhan Pattumbukang Selayar

Senin, 02 Januari 2023 | 11:54 WIB Last Updated 2023-01-10T00:25:41Z


MEDIA SELAYAR.
Lima korban selamat KLM. Kasman Indah 06, diberangkatkan dari Pulau Kayuadi, Kecamatan Taka Bonerate menuju Pelabuhan Pattumbukang, Kecamatan Bontosikuyu, pada Senin (2/12/2023) sekitar pukul 11. 15 Wita, selanjutnya dibawa ke Kota Benteng, Ibukota Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. 

Kelima korban selamat tersebut merupakan warga Kabupaten Jeneponto, masing-masing bernama Tison (KKM), Aripuddin, Sahrang, Daeng Tanga dan Rani. 

Kelimanya dipulangkan dengan menggunakan kapal jolloro KM. Putri Tunggal yang dinakhodai oleh Kasiran dan H. Dg. Manai bersama ABK 2 orang. 

Dikonfirmasi, personel Polsek Taka Bonerate Bripka Taufik Ismail, mengatakan bahwa 5 korban selamat KLM. Kasman Indah 06, telah berangkat menuju Pelabuhan Pattumbukang, sekitar pukul 11. 15 Wita. 

"Mereka berangkat dari Pulau Kayuadi menuju Pulau Selayar, didampingi Kapolsek Taka Bonerate Ipda Hasan, S.Sos., bersama seorang anggota TNI", ucap Bripka Taufik Ismail. 

Dengan kondisi cuaca seperti saat ini, mereka diperkiraan tiba di Pelabuhan Pattumbukang sekitar 4 sampai 5 jam kedepan, jelas Bripka Taufik Ismail. 

Sehari sebelumnya, kelima orang awak kapal tenggelam asal Kabupaten Jeneponto tersebut, awalnya akan dipulangkan dan dibawa dari Pulau Bonerate, lokasi mereka ditemukan terdampar, menuju Kota Benteng, Selayar dengan menggunakan perahu Jolloro.

Namun, kondisi cuaca yang cukup ekstrem gelombang tinggi, dan angin kencang yang disertai hujan, sehingga mereka memilih untuk singgah di Pulau Kayuadi terlebih dahulu, sambil menunggu cuaca membaik.

Sementara itu, Wakil Bupati Jeneponto H. Paris Yasir yang didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jeneponto Aspamuji Nyengka, kembali datang ke Pulau Selayar dan tiba di Kota Benteng, pada Minggu, (1/1/2023) sore. Padahal, sehari sebelumnya, pada Sabtu 31 Desember 2022, Wabup bersama rombongan baru saja kembali dari Pulau Selayar ke Kabupaten Jeneponto. 

Kunjungan Wabup Jeneponto Paris Yasir kali ini, untuk memantau pemulangan kelima korban selamat KLM. Kasman Indah 06, dari Pulau Bonerate menuju daratan Pulau Selayar, dan juga sekaligus menjemput warganya tersebut di Kota Benteng, Ibukota Kabupaten Kepulauan Selayar, untuk selanjutnya dibawa pulang ke Kabupaten Jeneponto. 

Untuk diketahui, kedatangan Wabup Paris Yasir ke Pulau Selayar merupakan kunjungan keduanya setelah pada Rabu, 28 Desember 2022. Ia bersama rombongan datang untuk melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar terkait 11 orang warganya yang mengalami kecelakaan laut di perairan sebelah barat Pulau Bembe, Desa Tanamalala, Kecamatan Pasimasunggu, pada hari Sabtu, 24 Desember 2022 sekitar pukul 04.00 Wita. 

Kunjungannya bersama rombongan saat itu diterima oleh Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, S.H., bersama dengan Forkopimda Kepulauan Selayar, di ruang kerja Bupati, pada Rabu (28/12/2022) siang. 

Wabup Paris Yasir datang berkoordinasi dengan Pemkab Kepulauan Selayar, sebagai pemilik wilayah dan penanggungjawab teritori lokasi tenggelamnya KLM. Kasman Indah 06, untuk memastikan kondisi terhadap 5 orang yang ditemukan selamat di Pulau Bonerate, dan juga membicarakan terkait upaya pencarian terhadap 6 korban lainnya yang sampai saat ini belum ditemukan.

Ada banyak harapan yang kami bawa dari keluarga korban. Setidaknya, kata Paris, korban selamat bisa kami bawa pulang. 

"Jadi, Insya Allah, kami datang untuk yang kedua kalinya hari ini, tentunya memang niatnya untuk bersama-sama dengan mereka pulang ke Jeneponto", ucap Wabup Paris Yasir, saat ditemui Pewarta, pada Minggu (1/1/2023) malam. (Tim). 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 5 Korban Selamat KLM. Kasman Indah Berangkat dari Pulau Kayuadi Menuju Pelabuhan Pattumbukang Selayar

Trending Now

Iklan