Iklan

Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Masih Berlanjut

Media Selayar
Rabu, 19 Oktober 2022 | 09:24 WIB Last Updated 2022-10-19T01:38:27Z


MEDIA SELAYAR
- Siaran Pers BMKG merilis peringatan cuaca ekstrim sejak 29 September 2022 yang lalu dan dilanjutkan dengan rilis potensi cuaca ekstrem lanjutan untuk periode 09-15 Oktober 2022 dan 15 - 21 Oktober 2022. 

Potensi cuaca ekstrem tersebut masih dapat terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia, karena kondisi atmosfer di wilayah Indonesia masih cukup kompleks dan dinamis untuk sepekan kedepan, yang dipengaruhi oleh fenomena atmosfer global, regional ataupun lokal termasuk di wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar. 

Seperti perubahan angin dan gelombang serta perubahan suhu yang kerap berubah dengan cepat. 

BMKG merilis bahwa hasil analisis dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya Siklon Tropis SONCA di sekitar Laut China Selatan sebelah timur Vietnam, tepatnya di sekitar 14.2°LU 111.4°BT dengan kecepatan angin maksimum di sekitar sistem mencapai 35 knots (64 km/h) dan tekanan udara minimum di pusatnya mencapai 998 mb.

Sementara itu, beberapa gelombang ekuatorial masih cukup aktif di wilayah Indonesia, dimana fenomena Gelombang Kelvin, Rossby Ekuatorial, dan fenomena Madden Jullian Oscillation (MJO) masih dapat berkontribusi dalam meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam sepekan kedepan.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprediksikan potensi curah hujan dengan INTENSITAS SEDANG-LEBAT yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 15-21 Oktober 2022. (*). 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Masih Berlanjut

Trending Now

Iklan