Iklan

Kembali Pelayanan Kapal Penumpang Yang Melayani Rute Pelabuhan Selayar Dapat Sorotan

Media Selayar
Minggu, 23 Oktober 2022 | 09:51 WIB Last Updated 2022-10-23T01:56:08Z


MEDIA SELAYAR
- Jadwal pemberangkatan kapal-kapal yang melayani rute pelayaran, baik dari dan ke Kabupaten Kepulauan Selayar kembali mendapat sorotan publik. Sebelumnya kapal-kapal perintis Tol Laut disorot dengan lamanya singgah dipelabuhan Benteng, kemudian pelayanan kapal feri ke wilayah kepulauan, kini pelayanan kapal feri Makassar - Selayar kembali menuai sorotan publik. Lalu siapakah yang harus menjawab dan bertanggungjawab jika pelayanan kapal-kapal ini menuai sorotan ? 

Menurut Direktur LSM Pusat Informasi Lingkungan Hidup Indonesia (PILHI), Syamsir Anchi, ke depan, Pemprov Sulsel melalui Dinas Perhubungan, sudah perlu mengambil langkah antisipatif untuk melayani penumpang rute Makassar - Selayar dan sebaliknya. 

Syamsir menambahkan, bagaimana bisa mendatangkan banyak devisa, jika sarana dan prasarana tidak didukung, apalagi transportasi laut, karena kita k di pulau Selaya terdapat obyek wisata pantai yang diakui keindahannya oleh penjuru dunia. Itu baru obyek pariwisata bahari, belum yang lainnya.

"Tidak bisa lagi dipakai cara-cara lama, karena mobilitas masyarakat tinggi, dan animo masyarakat yang berkunjung ke Selayar atau balik ke Bulukumba atau Makassar, cukup tinggi, sehingga semestinya juga dibarengi dengan layanan kapal laut yang memadai," tandas Syamsir Anchi, seperti dikutip dari Grup Pikiran Rakyat pada Sabtu (22/10/2022).

Selama ini, kapal laut yang melayani rute dari atau ke Makassar - Selayar, hanya ada 1 (satu) unit armada, yakni KM Dharma 3 yang dikelola oleh pihak swasta, kapal yang didatangkan khusus dari Surabaya melayani rute Makassar - Selayar - Bau-Bau.

Carut marut rute transportasi laut Makassar-Selayar, dinilai sejumlah kalangan sudah perlu diakhiri dengan menambah kapal, baik dari kapal Pelni di bawah naungan dDshub maupun kapal-kapal swasta, karena tak hanya penumpang yang banyak, namun juga mobil ekspedisi yang sangat menjanjikan prospeknya.

Awak media berupaya menghubungi pihak KM Dharma Lautan Utama 3 namun gagal. Hingga berita ini diturunkan, pihak KM Dharma Lautan Utama 3 belum memberikan tanggapan atas keluhan tersebut.***

Artikel ini sebelumnya telah tayang dengan judul : 

KM Dharma Lautan Utama diminta lebih profesional layani antar penumpang Makassar-Selayar  https://wartabulukumba.pikiran-rakyat.com/sulsel/pr-875726148/km-dharma-lautan-utama-diminta-lebih-profesional-layani-antar-penumpang-makassar-selayar

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kembali Pelayanan Kapal Penumpang Yang Melayani Rute Pelabuhan Selayar Dapat Sorotan

Trending Now

Iklan