Iklan

Wabup Saiful Arif Pantau Kuliah Perdana Mahasiswa Unhas

Senin, 04 Oktober 2021 | 14:16 WIB Last Updated 2021-10-04T06:16:01Z


MEDIA SELAYAR.
Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif , S.H. memantau pelaksanaan kuliah perdana mahasiswa Universitas Hasanuddin kampus Selayar Tahun akademik 2021/2022, di kampus Unhas, Jl. Syarif Al Qadri, Benteng, Senin (4/10).


Acara pelaksanaan kuliah perdana tersebut dihadiri oleh para Dosen dari Unhas, Tim vokasi Unhas, Ketua Program Studi, para Pengurus Unhas dan mahasiswa angkatan pertama program studi budidaya laut dan pantai.


Dalam pantauannya, Wabub Saiful Arif sangat mengapresiasi atas terlaksananya kuliah perdana mahasiswa Unhas di Selayar, yang merupakan kerjasama antara pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dengan pihak Universitas Hasanuddin. 


Menurut Saiful Arif, kerjasama ini dilakukan tidak lain dengan tujuan untuk memajukan SDM yang tentunya buat masyarakat Selayar, khususnya putra - putri Selayar daerah yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang perguruan tinggi. 


"Ini menjadi hal yang sangat penting karena betapapun banyaknya potensi SDM kita, betapapun kayanya sumber daya alam (SDA) kita, tetapi tidak ditangani oleh SDM yang berkualitas, maka semua itu akan menjadi kehilangan makna", ucap Saiful Arif. 


Wabup Saiful Arif juga mengatakan dengan adanya kerjasama ini, maka akan menjadi salah satu indikator keberhasilan pemerintah daerah dalam meningkatkan IPM di Kepulauan Selayar. 


"Jika Index Pembangunan Manusia (IPM) meningkat, ini juga bermanfaat secara ekonomi, dimana dengan adanya perguruan tinggi di Selayar anak - anak tidak perlu lagi ke Makassar, sehingga uang yang akan dibelanjakan di Makassar akan tetap berputar di Selayar yang nantinya bisa meminimalisir pengeluaran bagi mereka yang akan melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi", jelas Saiful Arif. 


Sementara Ketua Progran Studi (KPS) Dr. Marlina Achmad, SP.i., M.Si mengatakan bahwa secara administratif, ada 5 wilayah kecamatan yang berada di kepulauan di Selayar ini sangat sejalan dengan apa yang dikerjasamakan antara pemkab Kepulauan Selayar dengan pihak Unhas.


"Fakultas Ilmu Pengetahuan Perikanan Program Studi Budidaya Laut dan Pantai ini nantinya akan mampu memberikan ilmu atau wawasan dimana nantinya bisa menghandle atau menjaga ekosistem oleh para mahasiswa - mahasiswa melalui program studi budidaya laut dan pantai yang telah mereka pelajari", ucap Marlina Achmad.


Muliana Achmad mengatakan pihak Unhas bersama Pemda Kepulauan Selayar menginginkan generasi penerus ini dapat memenuhi skill dan bisa mengadopsi tekhnologi budidaya.


"Sebagai angkatan pertama, mahasiswa ini diharapkan kedepannya bisa menjadi orang yang bertanggung jawab untuk Kabupaten Kepulauan Selayar, khususnya dibidang program budidaya laut dan pantai", tutup Marlina. (Diskominfo-SP/Kam).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wabup Saiful Arif Pantau Kuliah Perdana Mahasiswa Unhas

Trending Now

Iklan