Iklan

Bupati Minta Pejabat OPD Mampu Menganalisa Dan Mengetahui Tupoksinya

Media Selayar
Senin, 21 Juni 2021 | 13:02 WIB Last Updated 2021-06-21T05:02:44Z


MEDIA SELAYAR
. Bupati Kepulauan Selayar, H. M Basli Ali buka resmi pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati. Senin, 21/6/2021.

Musrenbang dilaksanakan dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah  (RPJMD) Kabupaten Kepulauan Selayar Tahun 2021-2026 ini dihadiri Wakil Bupati H. Saiful Arif, S. H. Forkopimda, Anggota DPRD, Kepala Bappelitbangda Provinsi Sulawesi Selatan dan seluruh Pimpinan OPD, Camat serta undangan lainnya.

Bupati Basli Ali menyampaikan bahwa Musrenbang merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati RPJMD sebelum diajukan ke DPRD untuk mendapatkan persetujuan menjadi Peraturan Daerah.

Disebutkan juga RPJMD merupakan dokumen yang  penting sehingga kualitanya harus dijaga, mengingat dokumen tersebut alat koordinasi seluruh steakholder, menuntun arah dan meminimalkan ketidakpastian, dan sebagai alat untuk menilai kinerja pembangunan daerah.

Pada kesempatannya Bupati juga menekankan kepada para Pimpinan OPD dalam Penyusunan Renstra, untuk memperhatikan dan mengaju pada pencapaian visi misi Bupati dan Wakil Bupati.

Hal ini menjadi sangat penting lanjut Bupati, mengingat capain visi misi kepala daerah tergantung capaian sasaran pelaksanaan program dan kegiatan di OPD.

Bupati kemudian mengingatkan kepada  para kepala OPD untuk meningkatkan kreativitasnya dan memahami serta mencermati baik-baik apa yang menjadi tupoksinya.

"Jangan selalu hanya menunggu arahan Bupati atau Wakil Bupati, kan tidak mungkin saya harus keliling melihat dimana ada lampu mati dimana ada rumah yang tidak layak huni tidak perlu saya harus keliling dimana ada sampah." tegasnya.

Menurutnya Kepala OPD yang baik, adalah mampu menganalisa dan mengetahui apa yang harus dilakukan, inilah yang akan menjadi dasar penilaian terhadap kepala OPD.

"Kepala OPD mana yang bekerja dan memberikan bantuan pemikiran kepada Bupati dan Wakil Bupati"

Selanjutkan dikatakan ada dua program besar dan perioritas yang harus dilaksanakan dalam mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih olehnya itu dibutuhkan kolaborasi dan sinergitas semua pihak.

Mengakhiri sambutannya Bupati kemudian mengungkapkan harapannya kepada para Kepala OPD untuk mengikuti kegiatan Musrenbang ini dengan baik, mencermati sehingga RPJMD 2021-2026 menjadi dokumen yang bermutu dan aplikatif. (Diskominfo SP/IC)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Minta Pejabat OPD Mampu Menganalisa Dan Mengetahui Tupoksinya

Trending Now

Iklan