Iklan

Dampak Korona, Warga Lebanon Demo Dan Bakar Bank

Media Selayar
Rabu, 29 April 2020 | 22:59 WIB Last Updated 2020-04-29T14:59:22Z
MEDIA SELAYAR. Dampak pandemi Covid-19 mulai merambah ekonomi dunia. Khususnya bagi negara negara miskin dan baru berkembang.

Seperti dikutip dari media massa Internasional terkait massa demonstran di Tripoli, Lebanon, marah dan membakar sejumlah bank dalam aksi hari kedua, Selasa.

Para saksi mata memaklumi kemarahan para demonstran karena mulai kelaparan akibat kesulitan ekonomi dan diperparah oleh pandemi virus corona baru (COVID-19).

Demo hari kedua yang berujung pada pembakaran sejumlah bank juga dipicu oleh tewasnya seorang demonstran akibat tindakan keras pasukan keamanan dalam protes Senin malam.

Mengutip laporan Al Arabiya, Rabu (29/4/2020), bank-bank di Tripoli menjadi target putaran baru protes di kota terbesar kedua di Lebanon tersebut.

"Mereka mencurinya," kata seorang saksi mata dengan ekspresi sedih tetapi penuh pengertian di wajahnya.

Di dekatnya, kerumunan orang menyaksikan dinding bangunan terbakar. Sementara itu, beberapa orang menyalakan api serta para penjarah oportunistik pergi dengan mengangkut logam.

"Ini situasi ekonomi," kata seorang wanita berusia 51 tahun dengan jilbab hijau yang bekerja di klinik operasi dokter. Dia menolak untuk menyebutkan namanya. 

“Meskipun ada corona, orang-orang lapar. Mereka tidak tahan lagi," ujarnya.

Dalam beberapa minggu terakhir nilai mata uang Lebanon telah anjlok di tengah kekurangan dolar. Tripoli, kota terbesar kedua di Lebanon, adalah salah satu daerah termiskin di negara itu dengan tingkat kemiskinan pada akhir 2019 sekitar 50 persen.

Kota tersebut adalah titik fokus untuk protes anti-pemerintah yang dimulai pada Oktober tahun lalu, yang didorong oleh kemarahan yang meluas atas inefisiensi pemerintah, korupsi, dan ekonomi yang memburuk.

Gerakan protes mulai kehilangan momentum pada sekitar Tahun Baru 2020, tetapi ekonomi kian memburuk ketika negara itu berjuang untuk menahan pandemi global COVID-19.

Lebanon sejauh ini secara komparatif berhasil dalam menahan penyebaran penyakit, tetapi hanya dengan memaksakan langkah-langkah social distancing yang ketat yang kemudian menutup sebagian besar kegiatan ekonomi.

Pemerintah Lebanon memulai proses lima tahap untuk membuka kembali perekonomian pada hari Senin. Namun demikian, ketika situasi ekonomi memburuk, masyarakat Tripoli baru-baru ini mulai turun ke jalan untuk kesekian kalinya.

Dalam bentrokan dengan pasukan keamanan selama demonstrasi hari Senin, seorang pemrotes berusia 26 tahun ditembak dan dibunuh. Menurut laporan media lokal, korban tewas di tangan tentara.

Setelah tubuh korban diusung melalui jalan-jalan kota dalam perjalanan ke pemakamannya, pengunjuk rasa mulai menargetkan bank, merobohkan tiang lampu dan perabotan jalan untuk menghancurkan apa yang telah menjadi simbol ketidaksetaraan yang meluas di negara itu.

Di sudut Al-Tall Square, yang di ujungnya berdiri menara jam Ottoman, ratusan pemrotes berhadapan dengan pasukan keamanan. Mereka merespons tembakan gas air mata dan peluru karet dengan lemparan batu.

"Semua orang lapar. Mereka ingin makan tetapi tidak ada yang mendapat uang, ”kata seorang pria berusia 30 tahun ketika dia merunduk di sudut untuk berlindung dari awan gas. Pria itu mengatakan dia mendapat 25.000 lira sehari bekerja di sebuah restoran.

Dia menunjukkan harga bahan-bahan pokok, termasuk beras, yang meningkat pesat. "Ini adalah makanan paling mendasar. Ini makanan orang miskin," katanya. "Kami ingin membayar sewa dan makan. Saya punya dua anak yang harus saya beri makan...Inilah cara kami sekarat. Kami tidak takut pada corona," keluh dia (***)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dampak Korona, Warga Lebanon Demo Dan Bakar Bank

Trending Now

Iklan