World Clean Up Day 2019, Ribuan Warga Bersihkan Pantai Benteng Selayar

Iklan Semua Halaman


Header Menu

World Clean Up Day 2019, Ribuan Warga Bersihkan Pantai Benteng Selayar

Media Selayar
Minggu, 22 September 2019
World Clean Up Day 2019, Ribuan Warga, Bersihkan Pantai Benteng Selayar
CAMAT BENTENG - MASDAR J PRATAMA
MEDIA SELAYAR. Ribuan warga ikut serta dalam Hari Kebersihan Dunia "World Clean Up Day 2019" di Kabupaten Kepulauan Selayar pada Sabtu (21/9). Aksi bersih ini berlangsung disepanjang Jalan Metro, Kel. Benteng Utara Kecamatan Benteng.

Kegiatan ini merupakan Aksi Pembersihan serentak di Seluruh Dunia. Di Kabupaten Kepulauan Selayar, aksi ini sejak awal langsung mendapat sambutan hangat dari Pemerintah dan Masyarakat. Khususnya di wilayah Kecamatan Benteng.

Ribuan peserta ini berasal dari sejumlah komunitas dan organisasi serta pemerhati lingkungan di Selayar. Selain itu, TNI - Polri dan ASN Lingkup Pemkab juga terlibat dalam kegiatan Aksi Hari Kebersihan Dunia.

World Clean Up Day 2019, Ribuan Warga, Bersihkan Pantai Benteng Selayar

Camat Benteng, Masdar J. Pratama. S.Com saat pembukaan pelaksanaan menyampaikan bahwa program ini adalah merupakan bagian dari aksi sosial global, yang bertujuan memerangi masalah limbah padat global dengan mengumpulkan sampah plastik dan sampah lainnya. 

Dan kegiatan seperti ini harus terus berkelanjutan, lanjut Masdar " Jangan sampai pada hari ini saja kita lakukan bersih-bersih. Tugas kita adalah menyadarkan masyarakat agar terus menjaga kebersihan di lingkungannya, seru Masdar, dihadapan ribuan peserta. 
Sebelum kegiatan pembersihan sampah dilaksanakan, diawali dengan registrasi peserta dan senam sehat bersama, di pelataran Gapura Maritim Indonesia Maju Kelurahan Benteng Utara, yang menjadi lokasi titik kumpul dari peserta.

Turut serta dalam kegiatan ini Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kepulauan Selayar Hj. Musrifah Basli Ali, yang juga membawa sekitar 150 orang Anggotanya. Beberapa Pejabat Pemkab, Instansi Vertikal dan aktivis lingkungan juga turut ambil bagian.

World Clean Up Day 2019, Ribuan Warga, Bersihkan Pantai Benteng Selayar


Data yang diterima Pewarta sedikitnya 41 Komunitas turut menjadi relawan dalam kegiatan ini, yaitu Selayar Dive Adventure, Gerakan Selayar Bebas Sampah Plastik, PKH (Program Keluarga Harapan, Laskar Ayam Jantan Zona Selayar, Saka Bhayangkara, DLHK, POSSI, Penyuluh KKP 5 orang, Rumah Baca SAKU, Sispala SMK I, JBI Tanadoang, Selayar Photography, BMIC, YMKC, SIC dan Saka Pariwisata.

Komunitas lain dari WCS, Econatural, Selayarnews, Tinabo Dive Center, Selayar Max Community , Sanggar Seni Tanadoang, Selayar Paradise, PMI, Sispala SMAN 1 Selayar, Forum Anak selayar,Saka Kalpataru, Selayar Marine Dive, Sisco, Gosel, Celebes Matic Club (CMC) , Forum anak, Tanadoang Motor Classic, Rigel Gear, Karang Taruna, GenPi dan Saka Wanabakti.

Kegiatan juga didukung TNI Kodim 1415 Selayar, Polres Kepulauan Selayar,BPBD, Balai Taman Nasional Takabonerate dan Tim Penggerak PKK Kepulauan Selayar. (Ajen).