Layanan Publik Berbasis Tehnologi Informasi Jadi Andalan Banyuwangi Menjaring Kunjungan

Header Menu

MEDIASELAYAR.COM | MEDIANYA ORANG SELAYAR
Cari Berita

Layanan Publik Berbasis Tehnologi Informasi Jadi Andalan Banyuwangi Menjaring Kunjungan

Media Selayar
Kamis, 19 September 2019


MEDIA SELAYAR. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur hari ini Kamis (20/9) menerima sejumlah pejabat daerah dan anggota DPR RI ke daerah ini.

Para tamu daerah ini diterima langsung oleh Bupati Banyuwangi, H. Abdullah Azwar Anas M.Si di pendopo Rumah Jabatan.

Diantaranya Bupati Kepulauan Selayar, Wali Kota Samarinda, Kalimantan Timur, H. Syahrie Jaang serta Tim BURT DPR RI yang dipimpin oleh Rakhmawati Manorfa.

Dalam kesempatan ini, para pimpinan daerah memberikan sambutan yang lada intinya menyampaikan potensi dan kendala dalam membangun daerah masing-masing.


Seperti Bupati Kepulauan Selayar, H. M Basli Ali dalam kesempatan tersebut menyampaikan potensi Kabupaten Kepulauan Selayar, khususnya sebagai daerah yang sudah mulai dikenal sebagai daerah destinasi wisata di tanah air.

Sekaligus menyampaikan bahwa kedatangannya ke Banyuwangi, tidak lain untuk melihat bagaimana pengelolaan tata pelayanan publik dan pengembangan informasi Pariwisata Banyuwangi, yang saat ini telah memanfaatkan perkembangan tehnologi informasi.

Demikian juga dengan Wali Kota Samarinda, Kalimantan Timur bahwa kedatangannya ke daerah ini, hampir sama dengan apa yang menjadi tujuan Bupati Kep. Selayar. Yakni melihat langsung perkembangan tehnologi informasi yang di manfaatkan Pemkab Banyuwangi dalam pelayanan publik.

Bupati Banyuwangi, H. Abdullah Azwar Anas M.Si. dalam menerima tamu daerah yang merupakan pimpinan daerah menyampaikan terima kasih atas kepercayaan ke daerah dan mengaku bangga atas kedatangan para tamunya.

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi meluncurkan inovasi pelayanan publik mandiri berbasis teknologi informasi. Melalui aplikasi Banyuwangi Smart Kampung yang bisa diunduh melalui Playstore di gawai android, masyarakat bisa mengurus puluhan kebutuhan administrasi secara online, cukup di gawainya masing-masing.

Melalui aplikasi Smart Kampung dan mesin layanan mandiri, masyarakat cukup menunjukkan Nomor Induk KTP -Elektronik masing-masing, maka beberapa kebutuhan administrasi mulai dari kependudukan, kesehatan, pendidikan peizinan, pajak dan retribusi, jelas Abdullah Azwar.

Ia menyebut bahwa apa yang saat ini dilihat dan dirasakan oleh masyarakat Banyuwangi adalah merupakan wujud komitmennya sebagai Bupati yang memimpin pemerintahan daerah ini. (Lo2)