Iklan

Gerhana Matahari, Pagi 10 Mei 2013

Media Selayar
Jumat, 10 Mei 2013 | 01:47 WIB Last Updated 2020-05-15T10:09:48Z
Gerhana, Matahari, Pagi ,10 Mei 2013
Logo Elshinta
MEDIA SELAYAR. Pada 10 Mei besok waktu Indonesia atau 9 Mei waktu Pasific Timur akan mengalami gerhana matahari cincin. Sedangkan sebagian wilayah di Indonesia akan mengalami gerhana matahari sebagian (GMS) dan dapat disaksikan pada pagi hari.

Kepada ELSHINTA Kamis (9/5), Peneliti Utama Astronomi Astrofisika LAPAN, Thomas Djamaludin mengatakan, gerhana matahari itu diinformasikan pada tanggal 10 atau 9, hal ini karena gerhananya melintasi garis tanggal.

Untuk di Indonesia, gerhana terjadi pada pagi hari besok waktu Indonesia barat dan kemudian akan bergerak ke arah timur serta melintasi garis tanggal.

"Maka menurut tanggal di Pasific itu tanggal 9 tapi kejadiannya di Indonesia besok. Fenomena kali ini adalah gerhana matahari cincin, tapi gerhana matahari cincin hanya bisa dilihat di Pasifik sedangkan di Indonesia akan mengalami gerhana matahari sebagian." jelas Thomas.

Menurut Thomas, seluruh Indonesia, kecuali Sumatera Utara dapat menikmati GMS kali ini. Namun, durasi gerhana yang bisa disaksikan di setiap wilayah berbeda, dan Indonesia bagian timur yang memiliki peluang lebih besar untuk menyaksikan seluruh proses gerhana.

"Untuk wilayah Jawa, begitu Matahari terbit sudah mengalami gerhana. Wilayah Jawa tidak bisa melihat gerhana maksimum, hanya bagian akhir gerhana saja yang terlihat. Kalau Sulawesi, Maluku dan Papua bisa melihat gerhana dari awal sampai akhir," terangnya. (Sumber :Elshinta - Newsroom,)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gerhana Matahari, Pagi 10 Mei 2013

Trending Now

Iklan