Iklan

Bantuan Ke Warga Mulai Disalurkan, Miliaran Kerugian Dari Kerusakan Infrastruktur

Media Selayar
Senin, 14 Januari 2013 | 15:00 WIB Last Updated 2017-04-18T17:18:13Z
Cuaca ,Selayar

Rakor Penanganan Bencana Di Ruang Rapat Pimpinan, Angin kencang dan terjangan gelombang pasang yang menimpa kabupaten Kepulauan Selayar hingga saat ini (14/1) terus berlanjut. Sebagian masih khawatir akan terjadi susulan yang kembali menimpa pemukiman warga kepulauan Selayar yang kebanyakan berdomisili dipesisir barat Kabupaten Kepulauan Selayar. Tercatat 11 kecamatan se-Kabupaten Kepulauan Selayar terkena dampak dari angin kencang ini. Belum lagi yang domisilinya di pantai barat yang terancam dengan ombak air laut pasang.

Kendati belum dinyatakan sebagai akhir dari musim cuaca ekstrim tepatnya selama musim angin barat hingga pertengahan bulan maret yang akan datang namun kerugian yang disebabkan oleh angin kencang dan gelombang pasang di daerah ini ditaksir telah mencapai miliaran rupiah. Hal ini ditegaskan oleh Bupati Kepulauan Selayar sesaat setelah memerintahkan kepada semua kepala Kecamatan untuk segera melakukan pendataan jumlah kerugian selanjutnya. 

Khususnya kerugian dan kerusakan rumah-rumah warga untuk segera diberi bantuan. Hal ini sebagai upaya dan tindak lanjut dari Rapat Koordinasi bencana dengan forum muspida dan skpd di ruangan rapat pimpinan beberapa hari sebelumnya. Dalam Rakor penanganan Bencana di Selayar diperoleh laporan dari pemerintah kecamatan, melalui 9 camat dari 11 kecamatan yang ada di Kabupaten ini bahwa total kerugian sementara berkisar Rp4,6 miliar lebih diantaranya kerusakan jalan, tanggul penahan ombak, saluran pengairan belum tercatat kerusakan jaringan listrik, rumah rumah warga dan fasilitas perkantoran di beberapa wilayah kepulauan.

Sementara press release yang disampaikan Gunawan Redha Humas pemkab Kepulauan Selayar didampingi Kasubag Pemberitaan Humas Andi Imran K berisi himbauan dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan selayar agar warga masyarakat Selayar waspada terhadap cuaca ekstrim yang saat ini menimpa Kabupaten Kepulauan Selayar. Diminta kepada warga Selayar yang akan beraktifitas dengan menggunakan kendaraan laut atau terhadap nelayan diseluruh selayar agar tidak melakukan aktifitas melaut hingga cuaca dipastikan bersahabat. (red)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bantuan Ke Warga Mulai Disalurkan, Miliaran Kerugian Dari Kerusakan Infrastruktur

Trending Now

Iklan