Rabu, 31 Januari 2018

Ombak Air Laut Pasang Ancam Pemukiman Warga, Pesisir Barat Kepulauan Selayar


MEDIA SELAYAR. Air laut pasang yang dibarengi dengan ombak musim barat melanda wilayah pesisir barat Kabupaten Kepulauan Selayar. Dan puncaknya pada pukul 21.00 Wita sejumlah titik pemukiman warga disepanjang pantai barat Selayar, malam ini dihempas ombak musim barat yang imbasnya air laut naik menggenangi pemukiman.

Sejumlah pemukiman warga pantai barat diantaranya, Barat lambongan hingga pesisir Batangmata bagian selatan, Appabatu Parak, Pesisir Pantai Benteng Utara, Pantai Tile-Tile Desa Pati Karya dan Turungan, Desa Binanga Sumbaiya. 

Yang terparah dihempas gelombang musim barat adalah pemukiman Tile-Tile Selatan. Dimana ombak musim barat yang menghantam setinggi 4 s/d 4,5 meter. Akibatnya puluhan rumah warga disepanjang Tile-tile bagian selatan nyaris dihantam gelombang musim barat. Untungnya tanggul setinggi 3 meter disepanjang pantai ini cukup kuat menahan terjangan gelombang. Sehingga ombaknya pecah di tanggul kendati air laut kemudian masuk membanjiri pemukiman warga di Tile-Tile Selatan. 

Ombak Air Laut Pasang Ancam Pemukiman Warga, Pesisir Barat Kepulauan Selayar

Kondisi ini dirasakan oleh Bahtiar. Dimana pada bagian belakang rumahnya yang pas berada di bibir tanggul tersebut dijebol oleh gelombang yang malam ini memang melewati bibir atas tanggul. Kejadiannya sekitar pukul 21.00 Wita s/d 23.00 Wita. Saat pasang puncak air laut, ombak kemudian masuk melalui belakang rumah dan memporak porandakan isi rumahnya, tutur Bahtiar kepada Pewarta. 

Demikian juga dengan warga lainnya. Sejumlah barang-barang warga, antara lain televisi dan kulkas warga serta perabotan lainnya porak poranda akibat gelombang yang tinggi melewati batas atas tanggul di Tile-Tile. 

Ombak Air Laut Pasang Ancam Pemukiman Warga, Pesisir Barat Kepulauan Selayar

Badan penanggulangan bencana daerah saat ini sementara melakukan pantauan terhadap kondisi yang ada. Sejumlah skenario sementara disusun untuk langkah antisipasi terjadinya rob susulan yang dimungkinkan semakin parah. Mengingat fenomena alam, gerhana bulan total diperkirakan akan terjadi besok 31 Januari 2018, yang diprediksi akan bersamaan dengan air laut pasang di daerah ini. 

Terpantau BPBD dan sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar turun membantu dan melihat langsung kondisi warga. Diantaranya terpantau Kadispora, A. Ansar, Kabag Umper Setda Selayar, Andi Imran, dan Kasi Logistik BPBD, Jaenuddin. 

A. Ansar, Kadispora, yang ditemui dilokasi Tile-tile selatan kepada media menjelaskan bahwa Ia tadi melintas dan melihat langsung kondisi saat ombak air laut pasang ini, menghempas puluhan rumah warga yang letaknya berada di pesisir barat bagian selatan Tile-tile. 

Setidaknya saya hapal betul daerah ini, karena saya pernah menjadi camat di sini. Saya pun langsung menuju ke lokasi paling rawan di sebelah barat dan melihat kondisi yang menimpa warga disini. Saya hanya bermaksud ikut membantu bila ada hal yang tidak diinginkan, jelasnya. 

Dari pantauan lainnya, angin kencang musim barat dan gelombang tinggi masih terus melanda wilayah ini. Sementara itu hujan ringan masih terus mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar. (Lo2)



0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Media Selayar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

MEDIA SELAYAR. Diberdayakan oleh Blogger.