Selayar
Home » , , , , » Workshop Nasional Pengelolaan Cagar Biosfer Indonesia, Ini Sambutan Bupati Kep. Selayar

Workshop Nasional Pengelolaan Cagar Biosfer Indonesia, Ini Sambutan Bupati Kep. Selayar

Penulis Media Selayar on Sabtu, 18 November 2017 14.56.00

Workshop Nasional Pengelolaan Cagar Biosfer Indonesia, Ini Sambutan, Bupati Kep. Selayar

MEDIA SELAYAR. Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar, Dr. Ir. H. Marjani Sultan, M.Si, hadir mewakili Bupati Kepulauan Selayar dalam pembukaan Workshop Nasional Pengelolaan Cagar Biosfer Indonesia yang dibuka secara resmi oleh Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam Dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) RI, Ir. Wiratno M.Sc.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda, Dr. Ir. H. Marjani Sultan M.Si membawakan sambutan Bupati Kepulauan Selayar yang selanjutnya menyampaikan ungkapan selamat datang di Bumi Tanadoang Selayar kepada seluruh peserta workshop.

Suatu kehormatan bagi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar atas ditunjuknya daerah ini sebagai tuan rumah pelaksanaan workshop nasional pengelolaan cagar biosfer Indonesia. Dimana diketahui bahwa Selayar adalah termasuk dari wilayah Cagar Biosfer Dunia.

Untuk memantapkan integrasi dan implementasi konsep pengelolaan Cagar Biosfer Dunia, maka Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar mendukung upaya mensosialisasikan kebijakan dan strategi global. Dan siap memantapkan partisipasi semua pihak dalam pengelolaan cagar biosfer.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar sementara melaksanakan percepatan pembangunan untuk mencapai visi Kabupaten Kepulauan Selayar, Terwujudnya Masyarakat Maritim Yang Sejahtera Berdasarkan Nilai Agama dan Budaya. Dan untuk mewujudkan hal ini, maka Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar menjadikan dua bidang prioritas yang memerlukan penanganan serius yakni pengelolaan perikanan berkelanjutan dan pengembangan pariwisata.

Dalam hal pengembangan sektor perikanan maka dilaksanakan upaya peningkatan produksi perikanan serta penanggulangan kegiatan illegal fishing. Dimana setiap desa disepanjang pantai dan daerah pesisir didaerah ini diwajibkan menetapkan daerah perlindungan laut atau DPL guna menjamin kelestarian sumber daya perikanan, jelas H. Marjani

Sedangkan pengembangan pariwisata, Pemerintah Kabupaten Kepualaun Selayar menggandeng masyarakat dengan meminta dukungan dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata, saat ini sementara giat-giatnya mengupayakan terbentuknya kawasan ekonomi khusus pariwisata dan otorita pariwisata di daerah ini.

Lebih lanjut Sekda menyampaikan bahwa Kabupaten Kepulauan Selayar memiliki luas laut 87% dari seluruh luas wilayah daerah ini, dengan potensi perikanan dan potensi wisata bahari yang sangat indah. Sehingga pada tahun 2018 yang akan datang Kabupaten Kepulauan Selayar akan melaksanakan 50 event wisata daerah dan rencana pelaksanaan sail Takabonerate 2019, yang tentu saja membutuhkan dukungan dari semua pihak dalam pelaksanaannya, jelas Sekda.

Sebelum menutup sambutannya, Bupati mengucapkan selamat melaksanakan Workshop Nasional Pengelolaan Cagar Biosfer dan kepada para peserta sebelum meninggalkan Selayar diharap bisa menikmati keindahan Kabupaten Kepulauan Selayar terlebih dahulu dengan pesan agar keindahan tersebut disampaikan kepada publik agar Keindahan Kabupaten Kepulauan Selayar semakin dikenal diseluruh pelosok Indonesia dan dunia.

BACA SELANJUTNYA..............

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar