Iklan

Musim Angin Barat Ancam Kelancaran Distribusi Logistik Pemilu 2024 di Kepulauan Selayar

Media Selayar
Selasa, 05 Desember 2023 | 11:06 WIB Last Updated 2023-12-05T16:49:39Z

Kpu selayar

MEDIA SELAYAR
- Pemilu 14 Pebruari 2024 semakin dekat, sementara tahapan dan proses pelaksanaan juga telah berjalan disemua daerah pemilihan termasuk di Kabupaten Kepulauan Selayar. 

Namun ada satu hal yang menjadi perhatian serius diwilayah Kepulauan Selayar, yakni sistem dan skenario distribusi logistik Pemilu ke wilayah kepulauan. Dimana diketahui, dalam waktu dekat ini, akan terjadi pergantian musim, yang kondisi lautan diperairan Kepulauan Selayar berubah menjadi lumayan ekstrim, dan tidak tertutup kemugkinan bisa menimbulkan masalah bagi penyelenggara Pemilu 2024, Demikian disampaikan oleh Andi Bahtiar, Aktivis Barisan Pemantau Pemilu Nusantara (BPPN), Selasa (5/12/2023).  

" Penyelenggaran Pemilu 2024 wajib antisipasi hal ini, baik itu antisipasi keamanan logistik selama perjalanan dan penyiapan sarana pendistribusian logistik ke wilayah pulau-pulau kecil. Khusus akhir tahun 2023 hingga bulan Maret tahun 2024 adalah musim angin barat, dan ini tentu menjadi ancaman atau kendala serius, jika kurang serius maka bisa jadi akan menjadi batu sandungan proses pelaksanaan Pemilu di wilayah Kepulauan," jelas Andi Bahtiar. 

Sejauh ini beberapa kalangan menilai bahwa distribusi logistik ditengah musim angin barat sangat beresiko. Apalagi distribusi logistik yang menyasar ke pulau-pulau yang tidak ada pelabuhan untuk kapal besar serta pulau-pulau dalam Taman Nasional Takabonerate serta pulau paling timur di Pasilambena. Distribusi ke pulau-pulau ini sangat riskan terkena gelombang dan angin musim barat. 

Khusus diwilayah Kepulauan Selayar, BPPN telah memetakan potensi kerawanan tahapan distribusi logistik Pemilu 2024, khususnya ke wilayah pulau-pulau di 5 wilayah Kecamatan Kepulauan. Yakni Takabonerate, Pasimasunggu, Pastim, Pasimarannu dan Pasilambena. 

Potensi kerawanan tersebut di antaranya tidak tepat waktu karena kendala cuaca ekstrim, kondisi logistik rusak karena cuaca ekstrim. Hujan dan gelombang diprediksi akan terjadi pada akhir tahun 2023 hingga bulan Maret 2024. Ini perlu jadi perhatian serius penyelenggara dalam hal ini KPU Kepulauan Selayar. 

Sehingga diharapkan dapat tepat waktu, sasaran, dan biaya, serta pelaksanaannya sesuai prosedur pelaksanaan, jelas Bahtiar. 

"Saya kira proses tahapan pendistribusian logistik ke wilayah kepulauan Selayar jangan dianggap remeh. KPU harus bercermin pada pelaksanaan Pemilu sebelumnya. Fasilitas dan sarana distribusi wajib ekstra serius agar pesta demokrasi di kepulauan dapat terlaksana dengan lancar dan aman."kunci Andi Bahtiar. (Tim). 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Musim Angin Barat Ancam Kelancaran Distribusi Logistik Pemilu 2024 di Kepulauan Selayar

Trending Now

Iklan