Iklan

Bimtek PPID dan Penyusunan DIP Resmi Ditutup, Zultandar Zulkarnain Raih Peserta Terbaik

Jumat, 09 Juni 2023 | 13:54 WIB Last Updated 2023-06-09T05:54:48Z


MEDIA SELAYAR.
Bidang Humas dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo SP merampungkan pelaksanaan Bimbingan Teknis peningkatan kapasitas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan penyusunan daftar informasi publik Kabupaten Kepulauan Selayar, yang dilaksanakan selama tiga hari di Rayhan Square Kepulauan Selayar.

Bimtek yang diselenggarakan kerja sama dengan USAID Erat ini ditutup secara resmi oleh Wakil Bupati Kepulauan selayar H. Saiful Arif, SH didampingi Kadis Kominfo SP Drs. Ahmad Yani bersama Kabid Humas dan Komunikasi Publik Andi Sandra Esty Abriany SE., MM., Jumat (9/6/2023).

Wabup Saiful Arif mengatakan bimtek yang diikuti oleh 77 peserta yang terdiri dari para Sekretaris OPD didampingi operator adalah merupakan bimtek peningkatan kapasitas. Meski demikian kata Saiful Arif, peningkatan kapasitas itu bukan hanya untuk peningkatan kapasitas pribadi atau perorangan, melainkan juga untuk peningkatan kapasitas unit kerja dan Lembaga OPD masing-masing.

“Kegiatan ini adalah peningkatan kapasitas, namun saya ingatkan bukan hanya peningkatan kapasitas perorangan, namun adalah peningkatan kapasitas OPD masing-masing,” ucap Saiful Arif.

Saiful Arif mengemukakan, muara dari pelatihan ini adalah dapat mengangkat Kabupaten Kepulauan Selayar dari tidak informatif menjadi agak bahkan melompat menjadi informatif.

Sedangkan Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan, Fauziah Erwin, SH. CLA yang hadir sebagai narasumber dalam laporannya mengungkapkan, selama bimtek dilaksanakan Pre Test dan post test. Selama tiga hari kata dia, peserta tidak hanya menjadi peserta pasif, namun peserta didorong untuk mengasah skil dan mengubah paradigma.

“Alhamdulillah kami sudah melaksanakan Pre Test dan post test, dan kami menilai peserta sudah hampir sempurna pemahamannya terkait dari esensi keterbukaan informasi publik. Nilai yang dihasilkan peserta rata-rata 86 sampai 90 merupakan nilai tertinggi sejauh ini,” ungkapnya.

Dirinya optimis, setelah selesai bimtek ini peserta tidak hanya melakukan penyusunan daftar informasi publik, atau melakukan uji konsekuensi untuk menyelesaikan informasi yang dikecualikan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, tetapi bisa mendukung Kabupaten Kepulauan Selayar menjadi kabupaten yang informatif kedepannya.

Sebagai informasi, peserta terbaik pada pelaksanaan Bimtek tersebut diraih oleh Sekretaris Dinas PU dan Tata Ruang Zultandar Zulkarnain, sehingga mendapatkan piagam penghargaan yang diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Kepulauan Selayar. (KXN)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bimtek PPID dan Penyusunan DIP Resmi Ditutup, Zultandar Zulkarnain Raih Peserta Terbaik

Trending Now

Iklan