Iklan

Bagikan SHU Hingga 560 Juta, Primkoppol Polres Selayar Kini Berstatus Koperasi Nasional

Selasa, 18 April 2023 | 03:01 WIB Last Updated 2023-04-17T19:01:07Z


MEDIA SELAYAR.
Primer Koperasi Polres (Primkoppol) Kepulauan Selayar berhasil membagikan sisa hasil usahanya kepada anggota koperasi untuk Tahun Buku 2022 sebesar Rp 560.911.023,- . Hal tersebut terungkap dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT)  yang digelar di Aula Mapolres Kepulauan Selayar, Senin (17/4/2023) sore.

RAT yang dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP. Ujang Darmawan Hadi Saputra, SH.S.IK.MM.,M.IK selaku Pembina Primkoppol tersebut dihadiri Ketua dan Jajaran Pengurus Primkoppol, Badan Pengawas dan seluruh Anggota Koperasi. Selain itu turut hadir sebagai Undangan Kepala Bidang Koperasi H. Jamaluddin mewakil Kadis Perindag KUKM Pemkab Selayar dan Sekretaris Dekopinda Ir. Muh. Darwis.

Dalam sambutannya atas nama Pemerintah Kabupaten, Kepala Bidang Koperasi Disperindag KUKM H. Jamaluddin mengungkapkan bahwa Primkoppol Polres Kepulauan Selayar telah mengharumkan nama Kabupaten Kepulauan Selayar, sebagai salah satu Koperasi di Selayar yang saat ini naik kategori dari sebelumnya sebagai Koperasi Berprestasi Tingkat Provinsi Sulsel, kemudian naik lagi menjadi Koperasi Nasional.

"Atas Nama Pemerintah, kami mengapresiasi Primkoppol yang terbilang sangat sehat dan telah mampu mensejahterakan Anggota. Koperasi ini dengan berbagai bidang Usaha dapat menjadi contoh bagi Koperasi lain, baik di Selayar maupun di Provinsi Sulawesi Selatan. Primkoppol selalu menjadi Pilot Projek, yang selalu kami banggakan dalam setiap pertemuan tentang Koperasi baik di Provinsi maupun di tingkat Nasional" kata H. Djamaluddin.

Untuk diketahui Primkoppol Polres Kepulauan Selayar saat ini memiliki kekayaan bersih mencapai 11, 2 Milyar dengan dengan Passiva mencapai 8,6 Milyar rupiah. Selain itu, Koperasi ini juga memiliki Dana Cadangan mencapai 2 Milyar Rupiah.

Selain memberikan Sisa Hasil Usaha untuk Anggotanya setiap Tahun, Primkoppol juga memiliki Program Dana Sosial untuk Anggota dan keluarga yang sakit dan juga Dana Pendidikan.

"Tahun Buku 2022  untuk Dana Sosial Primkoppol telah menyalurkan sebesar 52 Juta Rupiah untuk anggota dan jeluarganya yang Sakit atau meninggal Dunia, selain itu Primkoppol juga menyalurkan Dana Pendidikan untuk putra-putri Anggota yang berprestasi dengan total dana tersalurkan mencapai 37 Juta Rupiah", ungkap Iptu  H. Ahdiansar, sebagai Sekretaris saat membacakan Laporan Pertanggungjawaban Pengurus dihadapan peserta RAT.

Kapolres Kepulauan Selayar dalam sambutannya selaku Pembina Koperasi berharap agar Primkoppol dapat terus berkembang dan mengembangkan usahanya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan Anggota.

"Kalau perlu ke depan Primkoppol dapat membuat unit Usaha Baru misalnya Polres Mart, atau bahkan SPBU. Kekayaan Primkoppol sudah sangat besar. Sehingga berpotensi untuk terus mengembangkan unit usahanya", harap AKBP. Ujang Darmawan HS. 

Berdasarkan, Kinerja Primkoppol yang dinilai cukup baik dan berprestasi, RAT kemudian memutuskan tidak ada perubahan pengurus Primkoppl dan hanya ada penambahan Pengurus untuk Jajaran Badan Pengawas. 

Adapun susunan Pengurus Primkoppol Polres Selayar saat ini terdiri dari Ketua Kompol. H. Bistan, SH (Kabag Ops Polres), Sekretaris Iptu. H. Ahdiansar (Kapolsek Benteng) dan Bendahara Iptu Purn. Yunus Gosal  (Pensiunan Polri). Sementara untuk Pengawas terdiri dari Iptu Wahyu Widodo, Ipda Jupriadi, dan Ipda Yudi Wibowo. (Humas Polres)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bagikan SHU Hingga 560 Juta, Primkoppol Polres Selayar Kini Berstatus Koperasi Nasional

Trending Now

Iklan