Iklan

Paparkan Program Sikamaseang, Wabup Kep. Selayar Curi Perhatian Pansel Paritrana Award Sulsel

Sabtu, 28 Januari 2023 | 00:26 WIB Last Updated 2023-01-27T16:26:00Z


MEDIA SELAYAR.
Wakil Bupati Kepulauan Selayar Saiful Arif, melakukan presentasi dan wawancara atas penyelenggaraan Jaminan Sosial (Jamsos) Ketenagakerjaan, dalam rangka Penilaian Paritrana Award Provinsi Sulawesi Selatan, di Hotel Mercure Makassar, Kamis (26/1/2023). 

Dalam kegiatan yang dipandu Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. H. A. Aslam Patonangi, S.H, M.Si, Wabup Saiful Arif menyampaikan komitmen Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dalam mendukung Program Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

"Meskipun Kepulauan Selayar sebagai daerah kepulauan, yang terpisah dari daratan Sulawesi, tapi kami tak ingin tertinggal. Kami selalu berupaya maksimal, namun jika ada kekurangan mohon dimaklumi", ucap Saiful Arif. 

Kepada 9 Tim Seleksi Paritrana Award Sulsel, Saiful Arif kemudian memaparkan data capaian tenaga kerja yang sudah bergabung dan terlindungi Program Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

"Jumlah pekerja formal di Kabupaten Kepulauan Selayar, yang masuk dalam program BPJS mencapai 14.010 atau  sekitar 94,11 persen. Sementara untuk tenaga kerja pada sektor informal sudah terlindungi sebanyak 35,22 persen oleh BPJS Ketenagakerjaan", jelas Wabup Saiful Arif. 

Lanjut, Ia memaparkan bahwa di tahun 2022 telah dilakukan perlindungan terhadap tenaga kerja informal sebanyak 6000 orang melalui pembiayaan APBD sebesar satu milyar lebih dan berlanjut di tahun 2023.

Selain itu, kata Saiful, pekerja informal juga didukung dengan Program 'Sikamaseang' yang dipelopori oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanaan Satu Pintu dan Tenaga Kerja di bawah komando Kadis Muhammad Arsyad, dan sekarang ini sementara dikembangkan ke seluruh OPD yang ada di Kepulauan Selayar.

Program Sikamaseang, kata Wabup Saiful Arif, merupakan program perlindungan tenaga kerja  (naker) di Selayar, praktisnya, "Satu ASN menanggung satu atau dua naker". 

Menanggapi data, info dan komitmen serta kebijakan Pemda Kepulauan Selayar yang dipaparkan Wabup Saiful Arif dalam durasi waktu 7 menit, Pansel memberikan apluse. Tiga pansel yang ditunjuk untuk memberikan pertanyaan dan tanggapan, semuanya memberikan apresiasi serta saran dan masukan untuk mempercepat Coverage Selayar.

"Semoga Selayar lolos untuk bersaing di tingkat Nasional", harap mereka memotivasi Wabup Saiful Arif.

Dua pansel yang tidak ditunjuk oleh Ketua Tim yang merangkap moderator, malah meminta kesempatan untuk menambahkan masukan pada Pemda Selayar

Wabup pun menyambut baik dan berterima kasih pada Pansel serta berjanji untuk terus  bekerja dan bersinergi dengan stakeholders untuk menindaklanjuti arahan dan masukan Pansel. "Insya Allah, kami akan bekerja lebih keras lagi", ucap Saiful Arif, sebelum sesi foto bersama dengan para pansel.

Untuk diketahui,  Kabupaten Kepulauan Selayar merupakan salah satu dari 9 Kabupaten/Kota yang diundang oleh Panitia Paritrana Award Provinsi Sulawesi Selatan untuk mengikuti seleksi. (Hms/Tim). 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Paparkan Program Sikamaseang, Wabup Kep. Selayar Curi Perhatian Pansel Paritrana Award Sulsel

Trending Now

Iklan