Iklan

BMKG : Waspada Gelombang Tinggi Hingga 2 Hari Kedepan

Sabtu, 20 Februari 2021 | 21:31 WIB Last Updated 2021-02-20T13:31:28Z


MEDIA SELAYAR
. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG telah merilis peringatan dini gelombang tinggi hingga 2 hari kedepan.


Info itu disampaikan melalui laman resmi BMKG, hari ini, Sabtu (20/2).


Diketahui, ada 7 perairan di Indonesia yang berpeluang mencapai ketinggian gelombang hingga lebih dari empat meter


Peringatan dini gelombang tinggi merupakan informasi prakiraan gelombang untuk 2 hari ke depan yang akan diinformasikan jika terjadi gelombang tinggi lebih dari 1.25 meter dan bertahan selama 12 jam ke depan di sekitar perairan Indonesia dan berlaku maksimal dua hari sejak dikeluarkan dan diperbaharui setiap ada perubahan dan sebelum masa berlakunya habis.


Terdapat Tropical Storm “DUJUAN” 996 hPa di Samudra Pasifik timur Filipina yang berpengaruh pada ketinggian gelombang di Perairan Kep. Sangihe – Kep. Talaud, Perairan Utara Halmahera, dan Samudra Pasifik utara Halmahera.


Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara pada umumnya bergerak dari Barat – Utara dengan kecepatan angin berkisar 5 - 30 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umunya bergerak dari Barat Daya - Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot.


Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna utara, Laut Flores, Perairan Kep. Talaud, dan Samudra Pasifik utara Halmahera.


Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut.


Diantaranya Selat Makasar, Laut Flores, Laut Sumbawa, Perairan Kep. Selayar – Kep. Sabalana, Laut Banda. (***)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BMKG : Waspada Gelombang Tinggi Hingga 2 Hari Kedepan

Trending Now

Iklan