Iklan

Drone Pengintai Bawah Laut Cina Ditemukan di Perairan Kepulauan Selayar, DPR Desak Kemenlu Protes

Media Selayar
Jumat, 01 Januari 2021 | 21:44 WIB Last Updated 2021-01-22T12:25:09Z

MEDIA SELAYAR
. Insiden Drone Mata-mata, DPR: Kemenlu Harus Protes ke China, seperti ini judul panas yang ditulis media online nasional pada awal tahun 2021. 

Benda asing yang diduga milik Cina yang ditemukan di Kepulauan Selayar kini viral dan menjadi salah satu perhatian serius pemerhati keamanan negara.

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin meminta TNI dapat lebih maksimal dalam memonitor dan mengamankan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pasca ditemukannya Drone pengintai yang di duga milik China yang berbentuk tabung dan memiliki banyak sensor serta transmiter jarak jauh di kedalaman laut selat Malaka. 

"Tentunya ini menjadi perhatian khusus dan sangat berbahaya bagi keamanan NKRI, jangan sampai ini terulang kembali. Kedaulatan wilayah Indonesia menjadi prioritas utama untuk diamankan. Mengapa Drone pengintai tersebut bisa lolos dan masuk perairan Indonesia dan tidak terdeteksi dan cara ini merupakan ilegal " Kata Azis Syamsuddin (1/1/2021). 

Politisi Golkar itu meminta Kementerian Luar Negeri dapat tegas menyampaikan nota diplomatik dengan mengirimkan surat protes kepada China. Kementrian Luar Negeri juga dapat melakukan kordinasi dan komunikasi dengan Panglima TNI untuk mengambil langkah apa saja dalam menyikapi permasalahan ini. 

Terlebih, China kerap melakukan kegiatan yang selalu provokatif di wilayah perairan Indonesia. 

"Panglima TNI dapat mengerahkan seluruh kesatuannya untuk melakukan deteksi dini di wilayah NKRI pasca lolosnya Drone pengintai yang di duga milik China. 

Jangan sampai Drone itu sudah mengirimkan data dari beberapa hasil temuan di perairan Indonesia" tegasnya. Seperti diketahui seorang nelayan bernama Saeruddin menemukan sebuah benda yang merupakan Drone pengintai di perairan Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan saat hendak menangkap ikan. 

Dari hasil temuan itu, Saeruddin langsung memberikan kepada aparat keamanan baik Polri maupun TNI AL. Jalur penemuan Drone tersebut merupakan jalur perairan tersibuk di Indonesia, Sementara dua Drone Pengintai lainnya ditemukan di dekat selat Sunda dan wilayah Lombok. (***)



BACA BERITA SEBELUMNYA : 
Benda Yang Ditemukan Di Bonerate Selayar Adalah Drone Laut Milik Cina 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Drone Pengintai Bawah Laut Cina Ditemukan di Perairan Kepulauan Selayar, DPR Desak Kemenlu Protes

Trending Now

Iklan