MediaSelayar.Com | Medianya Orang Selayar Dinas Tanaman Pangan Pemprov Akan Survey Jeruk Selayar Sebagai Buah Unggulan Sul-Sel
  • Jelajahi

    Copyright © MediaSelayar.Com | Medianya Orang Selayar
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Dinas Tanaman Pangan Pemprov Akan Survey Jeruk Selayar Sebagai Buah Unggulan Sul-Sel

    Media Selayar
    Rabu, 19 Februari 2020, 11:50 WIB Last Updated 2020-02-19T03:51:05Z
    MEDIA SELAYAR. Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Sulawesi Selatan merencanakan survei keberlangsungan jeruk Selayar sebagai bagian pengembangan buah asli Sulsel tersebut.

    Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Sulsel Andi Ardin Tjahjo di Makassar, Senin, mengatakan pihaknya segera akan melakukan survey ke lapangan melihat kondisi jeruk Selayar.

    "Terkait masalah jeruk Selayar, kami lebih dulu melakukan pengecekan. Kita harus melakukan survei dulu apakah jeruk Selayar masih banyak yang tumbuh atau bagaimana di Selayar," katanya.

    "Dan jika masih ada, kita akan memilah klon (jenis) bibit mana yang bisa bertahan dengan kondisi alam di daerah itu," ujarnya.

    Ia menjelaskan, Pemprov Sulsel memang telah berkomitmen untuk mengembalikan kejayaan jeruk Selayar dan jeruk Malangke. Sehingga pihaknya akan lebih serius DNA berupaya agar buah asli Sulsel itu kembali menjadi unggulan bahkan mampu menjadi magnet tersendiri dalam menarik wisatawan.

    "Kita telah berkomitmen untuk mempertahankan produk dan kearifan lokal khususnya buah asli dari Sulawesi Selatan. Jeruk Selayar harus diperbaiki perbenihannya karena susah menanam bibit yang tidak tahan dengan penyakit," jelasnya.

    Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengatakan turis mancanegara bisa menikmati berbagai buah lokal segar antara lain langsat, rambutan, duren, buah naga, jeruk Aelayar dan Malangke, serta masih banyak buah lainnya.

    Untuk jeruk Selayar sendiri, sedikit demi sedikit sudah mulai menghilang. Olehnya itu, Prof Nurdin mengajak masyarakat untuk berkolaborasi mengembalikan kejayaan Jeruk Selayar dan Malangke.

    “Tidak sulit untuk kita kembalikan. Jeruk Malangke ini juga tantangan kita, karena kita biarin masyarakat kita mengembangkan tapi tidak ada yang mendorong, bagaimana sinergi ini dibangun,” ujarnya.

    Sumber : ANTARA
    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Berita Terbaru