Iklan

Bawaslu Gandeng LSM dan Media Awasi Pelaksanaan Pemilu 2019

Media Selayar
Kamis, 25 Oktober 2018 | 11:56 WIB Last Updated 2022-04-12T08:37:10Z
Bawaslu Gandeng LSM dan Media, Awasi Pelaksanaan Pemilu 2019

MEDIA SELAYAR. Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Selatan mengadakan koordinasi pengawasan dengan partai politik (parpol), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan media.

Rapat Koordinasi dibuka oleh Ketua Bawaslu Sulsel, Drs. H. L. Arumahi, MH. Dalam sambutannya, Ia berharap kegiatan koordinasi tersebut dapat menjadi pemicu dalam menghasilkan pemilu yang berkualitas.

"Koordinasi Bawaslu dalam hal ini, meningkatkan peran serta masyarakat dalam mengawasi pemilu dengan tujuan mewujudkan pemilu 2019 yang demokratis, berintegritas dan berkualitas," ungkap Arumahi.

Turut hadir dalam acara tersebut sebagai narasumber, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sulsel, Misnah Attas, Akademisi dan pengamat politik, menambah wawasan peserta yang hadir dengan materi yang dibawakannya, proses dan progres pencalonan Anggota DPR/DPD/DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dalam meningkatkan kualitas pemilu 2019.

Turut menjadi narasumber dalam acara tersebut, Amrayadi, SH dan Drs. Saiful Jihad, M.Ag selaku Komisioner Bawaslu Provinsi Sulsel serta salah satu perwakilan Bawaslu RI di pusat.

"Pengawasan LSM, media atau lembaga pemantau pemilu itu sangat penting guna meningkatkan partisipatif masyarakat dan animo pemilih, parpol juga harus melaporkan para kontestan yang melakukan kecurangan" ujar Saiful Jihad, Dosen Universitas Hasanuddin ini.

Sementara itu, salah satu peserta yang hadir dari LSM PERAK Sulawesi Selatan sangat mengapresiasi atas adanya kegiatan tersebut.

"Kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu seperti ini harus sering diadakan agar masyarakat mendapat edukasi pemilu untuk dapat menciptakan hasil pemilu yang berkualitas nantinya," ujar Jumadi, SH, Koordinator Divisi Hukum LSM PERAK Sulawesi Selatan.

Jumad juga berharap agar LSM dilibatkan dalam posisi yang mengikat sebagai pemantau dan mengawasi proses penyelenggaraan pemilu.

"Sejauh ini yang kita lihat, peran LSM sepertinya terbatas dalam mengontrol dan mengawasi jalannya penyelenggaraan pemilu karena kita selalu bertumpuh pada Bawaslu, akhirnya kita hanya tampil sebagai penonton saja," jelas Jumadi.

Dalam kegiatan tersebut, acara dipandu oleh protokol, Sudirman Rahim, SE, MM. Peserta yang hadir berasal dari perwakilan parpol, LSM dan media. (*).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bawaslu Gandeng LSM dan Media Awasi Pelaksanaan Pemilu 2019

Trending Now

Iklan