Iklan

Hari Jadi Selayar Ke 412, Bupati Hadiri Ritual Budaya Pencucian Benda-Benda Pusaka

Media Selayar
Selasa, 28 November 2017 | 14:32 WIB Last Updated 2020-05-10T08:11:47Z
Hari Jadi Selayar Ke 412 Bupati Hadiri Ritual Budaya Pencucian Benda-Benda Pusaka

MEDIA SELAYAR. Bupati Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali menghadiri ritual budaya pencucian benda-benda pusaka. Ritual pencucian benda-benda pusaka Selayar ini dipusatkan di Matalalang, Kecamatan Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar, hari ini Selasa 28 Nopember 2017.

Benda pusaka yang dibersihkan dalam ritual ini diantaranya Gong Nekara dan sejumlah senjata kerajaan serta benda-benda bersejarah lainnya. Termasuk sejumlah barang budaya yang berada di Museum Nekara turut dibersihkan.

Gelar Ritual Budaya ini dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Staf Ahli Bupati, Para Asisten Setda, Para Kepala OPD, Ketua Forum Kerajaan, Ketua dan anggota Dewan adat, ahli waris dari tetua kerajaan, serta para keluarga kerajaan.

Bupati Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali, dalam sambutannya menyampaikan harapan agar ritual ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya. Mengingat hal ini adalah budaya yang harus dilestarikan dimana Selayar adalah salah satu daerah yang memiliki banyak kerajaan.

"Ini adalah sesuatu yang penting dilaksanakan tiap tahun dengan target nantinya lebih meriah lagi. Ke depannya, maksimalkan prosesi pencucian. Jangan ada bagian yang dilewatkan karena ini juga sekaligus ladang kami untuk belajar tentang pengetahuan sejarah, jelas Basli.

Bupati menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar siap mendukung penuh untuk kegiatan ini.

Ritual pencucian benda pusaka ini dilaksanakan sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi Selayar ke 412 atas dukungan penuh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar yang saat ini dipimpin oleh Drs. Mustakin KR. M.Mpd sebagai wujud dukungan terhadap pembangunan pariwisata di Bumi Tanadoang.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hari Jadi Selayar Ke 412, Bupati Hadiri Ritual Budaya Pencucian Benda-Benda Pusaka

Trending Now

Iklan