Iklan

Bupati Kep.Selayar Buka Workshop Pengelolaan Perikanan Berkelanjutan Dan Penegakan Hukum Di Takabonerate

Media Selayar
Rabu, 31 Agustus 2016 | 19:22 WIB Last Updated 2020-05-10T09:03:14Z
Bupati Kep.Selayar Buka Workshop Pengelolaan Perikanan Berkelanjutan, Dan, Penegakan ,Hukum ,Di ,Takabonerate
Muh. Basli Saat Membuka Workshop Pengelolaan Perikanan Berkelanjutan (31/8)
MEDIA SELAYAR.  Bupati Kep. Selayar, Muh. Basli Ali membuka kegiatan Workshop Koordinasi Pengelolaan Perikanan Berkelanjutan Dan Penegakan Hukum Di Kawasan Taman Nasional Takabonerate yang berlangsung di Baruga Pondok Bonerate Jl. Ahmad Yani,Benteng Kab.Kep. Selayar pada Rabu (31/8).

Hadir dalam pembukaan acara, unsur Muspida serta sejumlah pejabat dilingkup Pemerintahan dan peserta workshop.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Balai Taman Nasional Takabonerate  bekerjasama dengan Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam Dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Wildlife Conservation Society (WCS) Indonesia.

Dalam sambutan pembukaannya Bupati Kep. Selayar, Muh. Basli Ali menyatakan apresiasi penuh atas pelaksanaan kegiatan ini, selanjutnya menjelaskan bahwa perairan laut pulau Selayar telah menjadi idola bagi nelayan penangkap ikan, baik itu nelayan lokal maupun nelayan dari luar Kab.Kep.Selayar.

Hal ini kerap menimbulkan permasalahan, bukan saja bagi Pemerintah namun juga merupakan ancaman bagi masyarakat. Bupati mencontohkan kasus, tertahannya kapal feri yang menyeberangkan masyarakat Selayar di pelabuhan Bira Bulukumba beberapa saat lalu akibat konflik antar nelayan.

Maraknya kegiatan eksploitasi hasil perikanan oleh nelayan luar Selayar adalah kegiatan yang juga merugikan Pemerintah Kab. Kep. Selayar, dimana hasil tangkapan diperairan laut Selayar oleh nelayan luar, tidak didaratkan di Selayar akan tetapi dibawa ke daerah asal nelayan  tersebut.

Bupati juga menyampaikan bahwa Kab.Kep. Selayar memiliki Taman Nasional Takabonerate yang telah diakui badan dunia Unesco sebagai salah satu Cagar Biosfer Dunia  yang tentu saja menjadi kebanggaan bersama. Olehnya itu, Bupati menghimbau untuk tetap mempertahankan kebanggaan tersebut dengan menjaga dan melestarikannya.

" Jangan sampai aktifitas penangkapan ikan membawa dampak negatif serta menjadi penyebab hilangnya kebanggaan masyarakat Selayar ".

Seusai memberi sambutan singkat, Bupati, Muh. Basli Ali langsung membuka acara tersebut dengan resmi. (Lo2)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Kep.Selayar Buka Workshop Pengelolaan Perikanan Berkelanjutan Dan Penegakan Hukum Di Takabonerate

Trending Now

Iklan