Iklan

Letkol.Arm. Yuwono Irup Peringatan Hari Lahir Pancasila Di Selayar

Media Selayar
Sabtu, 01 Juni 2019 | 15:39 WIB Last Updated 2022-04-15T03:39:30Z
Letkol.ARM Yuwono, Irup Peringatan Hari Lahir Pancasila Di Selayar

MEDIA SELAYAR. Komandan Kodim 1415 Kepulauan Selayar, Letkol. ARM Yuwono menjadi Inspektur upacara peringatan Hari Pancasila Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar. upacara berlangsung di lapangan upacara kantor Bupati, Sabtu 1 Juni 2019.

Upacara dihadiri oleh Forkopinda, para pimpinan Opd lingkup Pemkab dan Pimpinan BUMD/ BUMN. Peserta upacara terdiri dari pasukan TNI dan Polri, barisan Satpol PP Damkar, Korpri, Unsur PNS dan non PNS, serta para pegawai Instansi vertikal.

Rangkaian upacara lalu dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila oleh Dandim 1415 Kepulauan Selayar diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Dandim 1415 Kepulauan Selayar Letkol ARM Yuwono, S. Sos., M.M membacakan sambutan plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI, yang pada intinya menyebut bahwa Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa, buat bangsamu Indonesia.

"Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,"

Dandim mengemukakan Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus.

"Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari," kata Yuwono.

Diakhir sambutannya dikatakan bahwa melalui peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi "politik harapan" dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kita Indonesia, kita Pancasila," tutup Dandim 1415 Kepulauan Selayar Letkol Arm Yuwono, S. Sos., M.M.  (Humas/IM)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Letkol.Arm. Yuwono Irup Peringatan Hari Lahir Pancasila Di Selayar

Trending Now

Iklan