Rabu, 16 Januari 2019

14.56.00
5000an Hektar Sawah Di Selayar, Telah Mampu Dua Kali Panen Dalam Setahun

MEDIA SELAYAR. Hingga 2018 luas persawahan di Kabupaten Kepulauan Selayar, terdata seluas 3.936 HA. Luasan ini tersebar di kecamatan Bontosikuyu, Kecamatan Bontomanai, Kecamatan Buki, Kecamatan Pasimasunggu dan Pasimasunggu Timur.

Hal diatas disampaikan oleh Ir. Ismail, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepulauan Selayar, sesaat usai briefing bersama Sekretaris dan Para Kepala Bidang dilingkup kantor Dinas Pertanian, pada Rabu 16 Januari 2019.

Lebih lanjut kepada Pewarta, Ir. Ismail menambahkan bahwa sejak 2016 sampai dengan tahun 2017. Peningkatan hasil produksi selama 2 tahun ini tercatat telah melebihi target dengan surplus 6.089. Dari hitungan adanya 40% total luas sawah di daerah ini, telah berhasil melaksanakan musim tanam sebanyak dua kali dalam setahun.

"Ini telah menjadi komitmen kami sebagai lembaga tehnis yang menangani sektor pertanian di Kabupaten Kepulauan Selayar, dan bukan hanya sawah tapi sejumlah produk andalan lainnya juga mengalami peningkatan seperti tanaman produksi pala dan cengkeh. " jelas Ismail. 

Memang ada yang mengalami penurunan harga seperti kelapa dan kopra, baru-baru ini, dan tentu saja dampaknya sangat dirasakan oleh masyarakat. Kendati demikian hingga saat ini kami sebagai pemerintah, tentu akan terus berupaya mencari solusi positif mengenai hal ini, kunci Ismail.

Dari data yang dipaparkan oleh sejumlah kepala bidang di lingkup Dinas Pertanian Kab. Kepulauan Selayar siang tadi, Pewarta mencatat bahwa selama 3 tahun pemerintahan H.M. Basli Ali sebagai Bupati bersama DR.H. Zainuddin S.H.,M.H sebagai Wakil Bupati Kepulauan Selayar, sektor Pertanian telah mengalami peningkatan dan menjadi salah satu prioritas pembangunan yang nantinya bertujuan tidak lain untuk mendongkrak peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dari data yang diterima Pewarta, seluas 310 HA sawah baru kembali di cetak dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Selanjutnya sejumlah program lainnya, sementara dipelajari dan ada yang telah direncanakan, seperti pembibitan kelapa dalam serta program ketahanan pangan lainnya.

Untuk membantu peningkatan produksi dan hasil pertanian didaerah ini, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar telah menempatkan penyuluh pertanian disemua desa yang memiliki potensi pertanian.

Selain itu Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar melalui Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan juga telah menyalurkan bantuan secara bertahap ke masyarakat. Baik itu bibit pertanian maupun peralatan pertanian.(tim)

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Media Selayar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

MEDIA SELAYAR. Diberdayakan oleh Blogger.