Kamis, 06 Desember 2018

Yang Mana Benar" Akar Bahar, Dilarang Atau Bisa Diperjual Belikan ? "

MEDIA SELAYAR. Akar bahar (Antipathes spp) merupakan salah satu jenis terumbu karang yang hidup di kedalaman ± 5 – 20 meter dan penyebarannya di daerah perairan Indo Pasific. Khusus di Kabupaten Kepulauan Selayar, akar bahar biasanya dibuat dalam bentuk gelang dan cincin.


Peredaran benda laut dilindungi ini mulai disoroti oleh sejumlah pihak, khususnya dari kalangan pemerhati lingkungan. Malah dalam sejumlah kegiatan patroli pemerintah, sumber daya ini sangat jelas dilarang untuk diambil dan diperjual belikan dengan alasan melanggar UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya serta PP Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar. Seperti dikutip dari sejumlah portal berita online terkait penangkapan dan pelarangan jual beli akar bahar.

Seperti disejumlah daerah lain diluar Kepulauan Selayar, peredaran barang dilindungi ini juga mulai mendapat sorotan pemerhati lingkungan.

Tapi kemudian Pewarta mendapati sebuah situs jual beli online" memajang barang ini sebagai barang jualan secara terbuka dan sangat jelas ini tentu saja membuat bingung.

Apakah betul akar bahar dilarang diperjual belikan atau tidak ? Lalu kenapa di Selayar dilarang, sementara ada portal jual beli online terkenal malah dengan bebas memajang akar bahar sebagai barang jualan. Ataukah pengelola portal ini tidak tahu ? ataukah ada hal lain yang redaksi tidak tahu ? Entahlah. Sepertinya butuh penjelasan dari pihak terkait hal ini.

Yang pasti di Kabupaten Kepulauan Selayar hal ini sudah jadi sorotan publik dan mulai tersosialisasi bahwa pengambilan akar bahar akan berdampak pada pengrusakan lingkungan. Dan sudah diketahui juga bahwa akar bahar adalah salah satu biota laut dilindungi. (Lo2)






0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Media Selayar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

MEDIA SELAYAR. Diberdayakan oleh Blogger.