Kamis, 27 Desember 2018

Prediksi Cuaca Ekstrim, Masih Akan Terjadi Di Perairan Kepulauan Selayar

MEDIA SELAYAR. Badan Meteorolog Klimatologi dan Geofisika (BMKG) IV Makassar memprediksi tinggi gelombang air laut di sejumlah wilayah perairan laut di Sulsel mencapai 1,25 meter hingga 2,5 meter.

Cuaca ektrim ini juga diperkirakan akan berlangsung hingga malam pergantian tahun baru. Sehingga masyarakat diimbau untuk berhati-hati melakukan aktifitas di sekitar pesisir pantai.

Melalui rilisnya, Rabu (26/12/2018), BMKG mencatat gelombang air laut mencapai hingga 2,5 meter di perairan Selat Makassar bagian selatan, perairan barat Sulsel, dan Teluk Bone bagian selatan.

Bahkan ketinggian gelombang air laut hingga 4 meter diperkirakan akan mengancam pelayaran di perairan Kepulauan Selayar dan Laut Flores.

"Ini yang perlu digaris bawahi tanggal 26 hingga 29 Desember, kami dari BMKG merekomendasikan kepada stackholder yang bersangkutan, terutama di Kepulauan Selayar untuk penyeberangan pelabuhan, agar dapat menyimak informasi ini. Tapi kebijakan itu kembali lagi ke otoriras setempat," sebut Kepala Sub Bagian Pelayanan Jasa BMKG IV Makassar, Siswanto, Rabu (26/12/2018).

Selain itu, BKMG juga memprediksi terjadinya hujan deras disertai angin kencang hingga di penghujung tahun.

"Saat malam tahun baru, akitivitas sementara di laut memang kami rekomendasikan di tanggal-tanggal 28 sampai 29 itu tidak aman karena memang gelombang laut cukup tinggi. Itu bisa berlanjut karena konsistenya angin barat cukup dominan apalagi di musim hujan sehinga berkontribusi ketinggian gelombang laut," jelas Siswanto. (****)



0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Media Selayar

MEDIA SELAYAR. Diberdayakan oleh Blogger.