Jumat, 09 November 2018

Usai Buka Bimtek IKM, Bupati Kep. Selayar, Serahkan Bantuan Pertukangan

MEDIA SELAYAR. Bupati Kepulauan Selayar, H. Muh. Basli Ali membuka secara resmi pelaksanaan bimbingan tekhnis bagi para pelaku industri kecil didaerah ini. Kegiatan ini berlangsung di Reyhan Meeting Room, pada Kamis 8 Nopember 2018.

Kegiatan bimtek ini dilaksanakan oleh Kementerian Perindustrian RI melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Selayar, dan pihak event organizer selaku pelaksana kegiatan.

Bupati Kepulauan Selayar H Muh Basli Ali dalam sambutannya mengatakan bahwa industri kecil dan menengah mempunyai peranan yang strategis, dalam rangka mewujudkan tujuan pembangunan nasional.

“IKM telah terbukti mampu diandalkan untuk mendukung ketahanan ekonomi, namun dalam perkembangannya IKM masih menghadapi berbagai persoalan yang perlu mendapat perhatian dari berbagai pihak,” jelasnya.

Sementara itu Kasi Pemberdayaan Industri Kementrian Perindustrian, dr Sunandar, mengatakan kebijakan pembinaan IKM untuk mendorong ke arah yang lebih maju dan mandiri serta mampu lebih meningkatkan perannya dalam perekonomian nasional.

“Kabupaten Kepulauan Selayar merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi perekonomian di sektor wisata, perikanan, pertanian dan perkebunan. Hal ini memberi indikasi bahwa sektor industri penunjang seperti perkapalan dan pandai besi di Selayar masih perlu ditumbuhkan, dikembangkan dan dioptimalkan,” ujarnya.
"Produk perkakas tangan yang dihasilkan oleh perajin pandai besi di Selayar seperti kita ketahui bersama telah memiliki reputasi dan pasar yang baik di Sulawesi Selatan,” ujarnya.

“Untuk mendorong kemajuan para perajin pandai besi, kami adakan bimtek dan fasilitasi peralatan yang dibutuhkan, agar produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang lebih baik, beragam, dan dapat meningkatkan kapasitas produksi demi perluasan pasar,” jelas Sunandar.

Diharapkan dengan bentuk pembinaan IKM galangan kapal di Selayar dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas kapal yang dihasilkan, sehingga mampu memiliki daya saing kuat dan pemasaran yang yang lebih luas.

Sekedar diketahui bahwa pada kegiatan bimtek tersebut dilanjutkan serah terima fasilitasi mesin peralatan produk pande besi dan bantuan alat pertukangan kapal rakyat. (*)

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Media Selayar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

MEDIA SELAYAR. Diberdayakan oleh Blogger.