Kamis, 15 November 2018

OPD Harus Sinergi Agar Data Kemiskinan, di Selayar Tidak Simpang Siur"

MEDIA SELAYAR. Sejumlah hal dibahas dalam Forum Discussion Grup (FGD) yang dihadiri oleh Tim Kemensos RI di Kabupaten Kepulauan Selayar pada Rabu (14/11/2018).

Acara FGD tersebut dihadiri ketua Tim Sekretariat Kemensos RI Agus Eko Purwanto bersama Anggota Tim Sekretariat Kemensos Fahmi dan Danu. Selain itu hadir Kadis Sosial Selayar Mustari, Kabid Disdukcapil Selayar Yusran, Kadis Perindag Selayar Hisbullah, dan staf dari masing masing SKPD sekitar 15 orang serta undangan lainnya.

Mustari mengatakan kegiatan FGD ini sebagai upaya untuk menggali informasi agar kemiskinan di Selayar bisa menurun. Dimana hingga saat ini data kemiskinan disejumlah opd terkait pengelola data kemiskinan masih berbeda.

“Namun kenyataan yang ada saat ini persentase masyarakat miskin tidak mengalami pengurangan yang signifikan, oleh karena itu, kita melakukan diskusi agar data yang diperoleh satu pintu,” ujar Mustari.

Sementara itu Tim Kemensos Agus Eko Purwanto menambahkan bahwa terkait dengan pertemuan FGD di Selayar, ada dua agenda.

Agenda ersebut yaitu membangun layanan sistem terpadu yang telah kita dilaksanakan di 50 Kabupaten kota dan juga melakukan evaluasi kegiatan.

"Kita mengevaluasi kegiatan ini setiap tahun, yang tujuannya, agar dalam pelaksanaan bisa lebih dini dalam penanganan kemiskinan,” ujarnya.

“Kami melibatkan SKPD di Selayar yang terlibat langsung dalam penanganan di beberapa hal yang terkait kemiskinan, agar data yang diperoleh sama," kata Agus Eko Purwanto.

Kadis Perindag Selayar Hisbullah Kamaruddin menambahkan bahwa masing-masing SKPD punya kriteria yang berbeda terkait penanganan kemiskinan.

Khusus untuk Perindag, salah satu penanganan kemiskinan yang dilakukan yaitu menyalurkan bantuan untuk pelaku usaha.

Tentunya dengan kebijakan dari kementerian masing- masing pasti berbeda. Sehingga yang terpenting dalam kegiatan ini, seluruh kementerian yang terlibat harus sinergi agar kebijakan dari pusat sejalan dengan daerah. (***)

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Media Selayar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

MEDIA SELAYAR. Diberdayakan oleh Blogger.