Iklan

KM. Sabuk Nusantara 58 Rusak di Perairan Pulau Kayuadi, Penumpang Dievakuasi Dengan Perahu Carteran

Media Selayar
Jumat, 17 Agustus 2018 | 12:17 WIB Last Updated 2022-10-18T00:26:03Z
KM. Sabuk Nusantara 58 Rusak di Pulau Kayuadi, Penumpang, Dievakuasi Dengan Perahu Carteran

MEDIA SELAYAR. KM Sabuk Nusantara 58 yang memuat penumpang warga masyarakat kepulauan Selayar diinformasikan mengalami kerusakan mesin penarik jangkar di perairan Kayuadi atau tepatnya didermaga Kayuadi Kecamatan Takabonerate Selayar.

Kejadiannya pada Kamis malam 16 Agustus 2018. Akibatnya penumpang tujuan kepulauan terpaksa dievakuasi dari atas kapal dengan perahu dan jollor. Termasuk warga yang akan melanjutkan perjalanan ke pulau Bonerate dan Pasilambena terpaksa mencarter perahu.

Ya, KM Sabuk Nusantara yang baru ini sempat lama di Pelabuhan Kayuadi karena jangkarnya susah dikasi naik karena alatnya rusak' Dan saat ini sedang berlabuh lagi di pulau panjang, tapi belum bisa juga melanjutkan perjalanan karena persoalan yang sama, jangkarnya tidak bisa di kasi naik. jelas Suharlim warga Pasilambena kepada Pewarta.
 

Yang jadi persoalan ini bagi penumpangnya, karena tidak ada persediaan makanan. Katanya persedian logistik lainnya sudah habis, persediaan di kafetaria juga sdh habis, biar juga masih ada, tapi penumpang mengeluh karena menipis ongkosnya.

Kasian juga kalau begini terus pelayanan jasa transportasi laut ke pulo - pulo. Kapan baru ada kenyamanan untuk penumpangnya, jelasnya lagi.

Sementara itu dari penjelasan Agus Salim, salah seorang pelaut kepada Pewarta menjelaskan bahwa kapal jenis itu memang agak kesulitan bila akan dibawa ke pelabuhan pelabuhan di wilayah kepulauan. Selain besar juga panjang dan tidak cocok untuk dermaga yang ada saat ini.

Memang seperti di dermaga pulau Jinato dan Bonerate tidak terlalu sulit untuk olah gerak namun bila kondisinya seperti di dermaga Kayuadi, Jampea dan Kawau akan sulit. Cuma herannya karena kapal seperti ini dicoba. Bukankah ada survey sebelumnya ? dan ada tes olah gerak kapal ?. Kapal yang lalu sudah pas.

Pihak pengelola kapal dan lembaga terkait yang dihubungi untuk dikonfirmasi terkait kejadian ini tidak ada yang menjawab.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KM. Sabuk Nusantara 58 Rusak di Perairan Pulau Kayuadi, Penumpang Dievakuasi Dengan Perahu Carteran

Trending Now

Iklan