Jumat, 17 Agustus 2018

2 Titik Aksi Bersih Pantai, 19 Agustus 2018 Di Kepulauan Selayar

MEDIA SELAYAR. Sejumlah komunitas selam dan komunitas lainnya di Kabupaten Kepulauan Selayar dipastikan ikut bergabung dalam aksi Relawan Pandu Laut Nusantara dalam aksi bersih pantai dan laut di daerah kepulauan Selayar pada 19 Agustus 2018.

Kegiatan pembersihan pantai di Selayar akan dilaksanakan didua titik Pantai Tanjung Penyu Kecamatan Bontomanai dan Pantai Pabbadilang di Kecamatan Bontomatene.

Koordinator Aksi, dari Selayar Dive, Baim menyampaikan singkat kepada Pewarta bahwa melalui aksi ini diharapkan agar masyarakat bisa terus menjaga kebersihan dan keasrian pantai dan laut. Tentu saja secara umum menjaga kebersihan lingkungan khususnya dari sampah plastik, jelas Baim.

Titik kumpul di lapangan pemuda benteng pada pukul 09.00 WITA. Lalu melanjutkan konvoi bersama komunitas menuju titik pertama yakni pantai Pa'ba'dilang kuncinya.

Selain untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI ke-73, aksi tersebut dijelaskan sebagai upaya mengurangi 70 persen sampah di lautan pada 2025 mendatang.

Seperti dikutip dari pemberitaan salah satu media nasional bahwa Persoalan sampah di laut memang masih menjadi momok di Indonesia. Sebuah penelitian yang dirilis University of Georgia menyebutkan bahwa Indonesia termasuk dalam 10 besar negara penyumbang sampah plastik terbanyak ke laut dengan perkiraan 0,48-1,29 juta metrik ton per tahun.

Sementara itu melalui ciutan akun twitter menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudji Astuti bahwa aksi 19 Agustus 2018 secara serentak ini tak hanya bisa dilakukan di laut, melainkan juga di sungai maupun danau.

Dalam aksi tersebut, Susi selaku Pembina Utama Pandu Laut Nusantara juga turut mengajak beberapa public figure seperti Kaka dan Ridho Slank, Andien, Hamish Daud, dan Kirana Larasati.

"Saya nanti pada tanggal 19 jam tiga sore ada di Bitung sekalian mengomandoi penenggelaman kapal. Saya akan melakukan di beberapa wilayah di Bitung sekalian bersih-bersih pantai. Kurang lebih nanti ada satu juta orang yang akan ikut aksi ini," tandas Susi seperti dikutip dari kompas.com. (*)

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Media Selayar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

MEDIA SELAYAR. Diberdayakan oleh Blogger.