Selasa, 10 Juli 2018

Ratusan Penumpang Tujuan Selayar Tertahan Di Pelabuhan Bira, Dokumen Kapal KMP. Bontoharu, Bermasalah

MEDIA SELAYAR. Hingga malam ini, ratusan penumpang dan kendaraan tujuan Kabupaten Kepulauan Selayar di pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba masih tertahan, di area pelabuhan tersebut. Hal ini disebabkan karena pelayaran KMP. Bontoharu, satu-satunya kapal feri yang beroperasi melayari pelabuhan Bira-Pamatata PP  juga tidak beroperasi sejak siang tadi, Senin 9 Juli 2018.

Dari informasi yang Pewarta terima malam ini, bahwa KMP. Bontoharu sempat berlayar membawa penumpang trip 1 dari pelabuhan Pamatata ke Bira pada pagi harinya. Namun kapal tersebut tidak balik lagi ke pelabuhan Pamatata, karena Syahbandar Pelabuhan Bira melarang kapal tersebut berlayar dengan alasan ada salah satu dokumen kelengkapan kapal yang kadaluarsa.

Ketua LPRI Sulsel, Imran Hasan yang sementara berada dipelabuhan Bira Kabupaten Bul;ukumba kepada Pewarta malam ini Selasa (10/7) menjelaskan melalui pesan singkat bahwa kondisi ratusan penumpang tujuan Selayar sejak siang tadi tertahan di pelabuhan ini.

Jumlah kendaraan kurang lebih 50an buah termasuk belasan kendaraan roda dua. Kondisinya memprihatinkan, karena penumpang terpaksa ada yang nginap di pelataran pelabuhan ini.

Imran Hasan selanjutnya menyampaikan bahwa sebelumnya Ia mendengar kabar dari perbincangan dengan seorang petugas bahwa tidak berangkatnya KMP Bontoharu sejak siang tadi karena dilarang berlayar oleh Syahbandar. Berhubung ada dokumen kapal yang kadaluarsa.

Kapal akan diizinkan berlayar bila pihak ASDP sebagai pengelola kapal tersebut memperpanjang atau memperbaharui dokumen dimaksud.

"Sudah ada tadi, petuigas ASDP yang berangkat ke Bulukumba untuk kepentingan ini", jelas Imran.

Mudahan-mudahan segera diberangkatkan, karena kasihan penumpang disini, harapnya melalui massanger kepada Pewarta.  

Nomor kontak kantor Syahbandar Bira yang dihubungi tidak menjawab. Namun dari penjelasan seorang petugas Perhubungan Laut di Kabupaten Kepulauan Selayar membenarkan kejadian ini. Ia menyebut bahwa jadwal pemberangkatan kapal untuk besok Selasa mudah-mudahan tidak terganggu akibat kejadian ini "

Sekarang pasca kejadian KM. Lestari Maju, semua serba hati-hati, kuncinya. (red)

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Media Selayar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

MEDIA SELAYAR. Diberdayakan oleh Blogger.