Iklan

Tentukan 1 Syawal 1439 H, Kemenag RI Gelar Sidang Itsbat

Media Selayar
Kamis, 14 Juni 2018 | 11:20 WIB Last Updated 2022-04-15T06:31:09Z
Tentukan 1 Syawal 1439 H, Kemenag RI, Gelar Sidang Itsbat

MEDIA SELAYAR. Penentuan waktu pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1439 akan dilaksanakan oleh Kementerian Agama RI dengan melakukan pemantauan hilal (rukyatul hilal) diseluruh Indonesia, hari ini Kamis 14 Juni 2018 di 97 titik pemantauan yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia.

Sidang akan dimulai pada pukul 16.30 WIB dimulai dari pemaparan Tim Badan Hisab dan Rukyat Kemenag RI tentang posisi hilal secara astronomi menjelang permulaan bulan Syawal 1439 H.

"Kami telah mengirim petugas rukyatul hilal yang akan bekerjasama dengan Kakanwil dan ormas untuk melakukan pemantauan hilal di 97 titik yang telah ditetapkan," terang Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin di Jakarta, Senin (11/06) seperti dilansir kemenag.or.id.
Hasil Rukyatul Hilal dan Data Hisab Posisi Hilal awal Syawal akan dimusyawarahkan dalam sidang Itsbat untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Syawal 1439H.

Sidang Isbat akan dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

"Sebagaimana biasa, sidang isbat berlangsung tertutup. Hasil keputusannya akan disampaikan secara terbuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam konferensi pers setelah sidang Itsbat,". (*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tentukan 1 Syawal 1439 H, Kemenag RI Gelar Sidang Itsbat

Trending Now

Iklan