Iklan

Otoritas Jasa Keuangan Dorong Peningkatan KUR Di Selayar

Media Selayar
Kamis, 07 Juni 2018 | 12:02 WIB Last Updated 2022-04-30T01:52:44Z
Otoritas Jasa Keuangan, Dorong Peningkatan KUR Di Selayar

MEDIA SELAYAR. Otoritas Jasa Keuangan saat ini mendorong peningkatan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) di Kabupaten Kepulauan Selayar. Hal ini disebabkan menurut penilaian OJK bahwa realisasi penyaluran KUR tersedikit se-Sulawesi Selatan.

Pimpinan OJK Wilayah 6 Sulawesi, Maluku, Papua (Sulampua), Zulmi, menjelaskan bahwa jumlah penyaluran KUR di Kepulauan Selayar pada posisi April 2018 ini masih 0,54% atau Rp13,085 miliar.

"Penyaluran KUR di Kepulauan Selayar memang masih cukup rendah. baru mencapai 357 debitur. Namun, ini juga sudah mulai mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya," kata Zulmi di Makassar, Rabu (6/6/2018).
Ia menjelaskan, persoalan KUR itu memang begitu dipengaruhi tingkat aktivitas perekonomian suatu daerah. Semakin tinggi intensitas kegiatan ekonomi, semakin besar kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan fasilitas KUR.

Di Makassar, Kabupaten Bone, Kabupaten Wajo, dan Kabupaten Sidenreng Rappang, misalnya, perekonomiannya begitu berkembang sehingga penyaluran KUR juga meningkat tajam.

Kini, dengan dibukanya akses penerbangan dari Makassar ke Kepulauan Selayar dan sebaliknya diharapkan membuat aktifvitas ekonomi daerah itu ikut terdongkrak.

Jika sudah banyak orang atau wisatawan yang berkunjung ke daerah wisata, dapat diharapkan masyarakat kian mengembangkan bisnis UMKM. Menurut dia, penyaluran KUR di Kepulauan Selayar sudah mulai tumbuh.

"Selain aktivitas perekonomian, jumlah penduduk juga ikut mempengaruhi peningkatan penyaluran KUR. Kami berharap lahir UMKM baru yang muncul dan bisa mendapatkan akses KUR," ujar dia.
Sementara itu, untuk penyaluran KUR posisi April 2018 ini masih didominasi Kota Makassar yang memiliki sebanyak 11.537 debitur dengan total Rp320 miliar.

Selanjutnya, Kabupaten Bone Rp221 miliar, Kabupaten Sidrap Rp199 miliar, serta posisi keempat ditempati Kabupaten Wajo dengan total penyaluran Rp147 miliar.



Sumber : Warta Ekonomi
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Otoritas Jasa Keuangan Dorong Peningkatan KUR Di Selayar

Trending Now

Iklan