Rabu, 13 Juni 2018

Cold Storage TPI Bonehalang, Adalah Solusi Terjaganya Kwalitas Ikan

MEDIA SELAYAR. Cold Storage memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan ikan yang dapat membantu nelayan dalam menjaga kwalitas ikan tangkapannya. Demikian dijelaskan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Selayar, Ir. Makkawaru, saat pengoperasian perdana cold storage di kawasan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Bonehalang, Kabupaten Kepulauan Selaya, pada Sabtu 10 Juni 2018. 

Lebih lanjut Ir. Makkawaru menjelaskan, bahwa pengolahan Cold Storage ini, merupakan kerjasama antara Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Selayar dan pengusaha lkan, khususnya dalam hal menjaga kwalitas eksport.

Ir. Makkawaru selanjutnya mengatakan, bahwa manfaat cold storage tersebut akan dapat memberikan imbas secara langsung terhadap penghasilan nelayan-nelayan kecil yang memanfaatkan alat tersebut.

“Kehadiran cold storage ini, bisa menjadi solusi akan terjaganya kwalitas ikan atau hasil tangkapan lainnya, dengan demikian kekhawatiran nelayan untuk mengalami kerugian menjadi sangat kecil,” terang Ir. Makkawaru. 

Di tempat terpisah, Apeng salah seorang pengusaha perikanan didaerah ini mengatakan bahwa dengan adanya coldstorage ini, maka semua jenis ikan bisa diekspor dari Selayar, karena kwalitas ikannya bisa terjaga, bahkan jenis ikan yang tidak pernah dianggap mempunyai nilai sekalipun selama ini, itu semuanya bisa di eksport, seperti jenis ikan Buntal Tetraodontidae (Puffer Fishes) dan Sotong (Cuttlefish) dan lain lain,” ungkapnya.

Khusus jenis ikan buntal dan sotong yang selama ini tidak terlalu memiliki harga, masih menurut Apeng, saat ini jadi memiliki nilai ekonomi yang baik, karena rencana jedua jenis ikan tersebut akan dieksport ke China, Korea dan Malaysia. (Sup)

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Media Selayar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

MEDIA SELAYAR. Diberdayakan oleh Blogger.