Rabu, 25 April 2018

Kadis P3AP2KB Selayar, Buka Resmi Pelatihan SIGA Berbasis Aplikasi

MEDIA SELAYAR
. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (P3AP2KB) Kabupaten Kepulauan Selayar, H. Rustam Noor SE membuka secara resmi Pelatihan Sistim Informasi Gender dan Anak (SIGA) Berbasis Aplikasi pada Selasa 24 April 2018. 

Pelatihan yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB diikuti oleh seluruh perwakilan Skpd lingkup Pemkab Kepulauan Selayar dan Mitra P3AP2KB yang dilaksanakan di gedung PKK. 

Pelatiha SIGA berbasis Aplikasi ini mengusung tema " Melalui Pelatihan Aplikasi SIGA, Kita Tingkatkan Penyajian Data Terpilah Secara Cepat, Akurat, Konperhensif dan Mutakhir
Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan para pengelola data, agar dapat menyusun dan menganalisis indikator gender dan anak di instansi masing-masing dengan lebih lengkap, berkualitas dan tepat waktu.

Dalam pembukaan kegiatan, H. Rustam Noor SE menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat strategis karena diikuti oleh para pengelola data di berbagai SKPD terkait.

Lebih lanjut H. Rustam Noor SE juga mengatakan bahwa permasalahan global yang menjadi permasalahan publik diantaranya kemiskinan dan kesenjangan ekonomi disebabkan oleh keterbatasan akses data dan informasi.

Data yang seharusnya menjadi pijakan pemecahan masalah, ironisnya selalu menjadi materi yang kurang dikedepankan sehingga melalui pelatihan ini pengelolaan data akan semakin baik kedepannya. 

Penetapan kebijakan atau proses perencanan tidak akan terwujud dengan baik tanpa didukung oleh ketersedian data dan informasi yang akurat dan lengkap, sehingga tingkat keberhasilan pembangunan pemberdayaan perempuan, perlindungan perempuan dan anak melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) dan Pengarusutamaan Hak Anak (PUHA) dapat diketahui lebih cepat dengan memanfaatkan tehnologi yang semakin berkembang.

Untuk itu agar pengelolaan data bisa lebih optimal lagi, perlu didukung dengan satu aplikasi yang dapat menyimpan, menambah, mengubah, menghapus, maupun mengaksesnya yang tidak yang tidak memerlukan waktu atau tempat, tidak terkait waktu dan tempat.

Tersusunnya data base SIGA Kabupaten Kepulauan Selayar, diharapkan dapat digunakan secara maksimal oleh pihak yang berkepentingan. 

Menutup sambutannya, H. Rustam Noor SE berpesan kepada peserta agar mengikuti pelatihan dengan serius agar ilmunya dapat dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin. (Lo2)

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Media Selayar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

MEDIA SELAYAR. Diberdayakan oleh Blogger.