Kamis, 15 Maret 2018

Rombongan Kunker Wabup Kep. Selayar, Selamatkan Korban Kapal Tenggelam

MEDIA SELAYAR. Sebanyak 3 orang awak perahu layar motor.Putri Tunggal yang dilaporkan tenggelam dalam perjalanan dari Maumere NTT menuju Jampea di Kabupaten Kepulauan Selayar berhasil diselamatkan oleh rombongan kunjungan kerja Wakil Bupati Kepulauan Selayar, yang sementara berlayar ke wilayah Kecamatan Pasimarannu.

Kejadian penyelamatan ini terjadi pada hari ini, Kamis 15 Maret 2018. Disaat KM. Bonerate Jaya yang mengangkut rombongan kunjungan kerja Wakil Bupati Kep. Selayar ke wilayah kepulauan. Mendengar ada yang perlu mendapat pertolongan dilaut, Wakil Bupati perintahkan nakoda KM. Bonerate Jaya putar haluan dan ikut melakukan pencarian.

Ketiga korban kapal tenggelam ini berhasil diselamatkan setelah ketiganya mengaku telah terapung-apung selama kurang lebih 16 jam lamanya diperairan laut Selayar. Demikian diinformasikan oleh Kabag Umper Setda Kepulauan Selayar, Andi Imran yang ikut dalam pelayaran perjalanan kunker tersebut.

Salah seorang dari mereka mengaku sebagai Nakoda, an. Sapri, warga Kayuadi Kecamaan Takabonerate. Sapri menceritakan kepada penyelamatnya diatas kapal KM. Bonerate Jaya bahwa kapalnya tenggelam setelah mengalami kerusakan mesin dan kapal bocor. Hal ini terjadi sekitar laut taka kayu pangnga atau disekitar Taka Bassi sekitar 21 mil laut dari pulau Bonerate.

Sapri yang juga sebagai pemilik kapal ini menunjuk rekan-rekannya yakni Akbar dan Idris. Sebelum tenggelam dan meninggalkan kapalnya, Sapri sempat menelpon kepala BPD Desa komba komba  untuk melaporkan bahwa kapal mereka sementara bocor dan tenggelam disekitar Taka Bassi.

Selanjutnya ketiganya berupaya menyelamatkan diri dengan naik ke sebuah gabus kosong yang berada diatas kapal tersebut. 

Menerima telepon tersebut, Kepala desa Komba Komba segera melanjutkan informasi ini ke Polsek Pasimarannu dan langsung melakukan pencarian untuk mengevakuasi para korban di Sekitar Taka Bassi. Kendati pada saat menerima laporan tersebut kondisi gelombang cukup tinggi dan cuaca agak buruk menyebabkan proses pencarian korban sempat terhambat, jelas Andi Imran.

Rombongan Kunker Wabup Kep. Selayar, Selamatkan Korban Kapal Tenggelam

Ikut melakukan pencarian diatas KM. Bonerate Jaya yang mengangkut rombongan Kunker Wakil Bupati diantaranya, Sekretaris Daerah, Dr. Ir. H. Marjani Sultan M.Si, Inspektur, AR. Krg. Magassing. SH. MH, Asisten 1 dan 3 Setda, Kepala BKD, Kadis Dikbud, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Kabag Hukum dan Kabag Umum dan Perlengkapan.

Sementara itu melalui WA pribadinya kepada Pewarta terkait penyelematan ke tiga warga Selayar yang nyaris tenggelam tersebut, Sekda Selayar, Dr. Ir. H. Marjani Sultan M.Si menjawab singkat bahwa syukur karena kita masih berhasil menyelamatkan ketiganya. Kendati proses pencariannya juga terhalang cuaca yang tidak bersahabat.

Ketiganyaditemukan terapung dalam kondisi lemas dan langsung di evakuasi ke KM. Bonerate Jaya yang kita tumpangi ini, jelasnya. (01)

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Media Selayar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

MEDIA SELAYAR. Diberdayakan oleh Blogger.