Minggu, 04 Februari 2018

Warga Bontosikuyu Syukuran, Bendungan Lanta' Pumangka, Siap Dimanfaatkan

MEDIA SELAYAR. Bupati Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali, hari ini, Minggu, 4 Pebruari 2018, berbaur bersama warga Kecamatan Bontosikuyu dalam acara syukuran selesainya bendungan Lanta' Pumangka yang nantinya akan mengairi lahan persawahan dan air bersih warga di Kecamatan Bontosikuyu. Syukuran tersebut dilaksanakan dibibir bendungan Lanta' Pumangka.

Bendungan Lanta Pumangka ini terletak diwilayah Desa Harapan, Dusun Bontoala' Kecamatan Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar.

Bupati, Muh. Basli Ali dalam sepatah kata menyampaikan apresiasi, kepada Masyarakat Kecamatan Bontosikuyu, atas antusiasnya warga dalam pembangunan bendungan Lanta' Pumangka ini. Dan berharap agar nantinya setelah diresmikan pemanfaatannya, maka air dari bendungan ini dapat dirasakan manfaatnya masyarakat Bontosikuyu.

Dalam sepatah kata ini pula, Bupati, Muh. Basli Ali menyampaikan harapan-harapan kepada para Kepala Desa dan BPD yang hadir, agar tetap melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat sesuai aturan. Jangan ada kades yang mengutamakan kepentingan pribadinya. Tapi tetaplah mengedepankan pelayanan kepada masyarakat.

Begitupun dalam penggunaan anggaran desa, Bupati menegaskan agar tak ada lagi permasalahan yang menyeret para Kades karena penyalahgunaan dana desa. Demikian juga kepada para BPD, Bupati berharap agar tidak hanya bertanda tangan pada pertanggungjawaban desa tanpa mengetahui seluk beluk pengawasannya.

Warga Bontosikuyu Syukuran, Bendungan Lanta' Pumangka, Siap Dimanfaatkan

Sementara itu, Camat Bontosikuyu, Mohammad Basir SH, yang juga adalah Plt. Kades Harapan kepada Pewarta disela-sela pelaksanaan syukuran tersebut, mengatakan bahwa apa yang dilaksanakan oleh masyarakat Kecamatan Bontosikuyu, khususnya Desa Harapan ini, adalah wujud rasa syukur, karena tidak lama lagi, warga sudah bisa membuka lahan persawahan dan menjamin lahan perkebunan mereka tidak akan terancam kekeringan dan kebutuhan air bersih juga akan terpenuhi setiap saat.

Lebih lanjut Basri menjelaskan bahwa, yang hadir dalam acara syukuran ini, bukan saja warga akan tetapi, sejumlah Kepala Desa dan BPD di Kecamatan Bontosikuyu. Hal ini menggambarkan betapa kegembiraan akan kehadiran dan selesainya bendungan merupakan harapan cerah bagi kami di Bontosikuyu, khususnya desa Harapan, jelasnya.

Bendungan ini mulai dikerjakan pada awal tahun 2017 kemarin dan kita lihat bagaimana kondisi saat ini sudah selesai dan siap dimanfaatkan. Apalagi lokasinya sangat berdekatan dengan air terjun Lanta Pumangka yang memang sudah terkenal keindahannya di bagian Selatan Selayar.

Kalau di Kecamatan Bontosikuyu, memang sudah ada kearifan lokal yang kalau ada sesuatu yang menggembirakan dan suatu yang merupakan harapan dari keberhasilan maka selalu dilaksanakan syukuran, bahkan ada yang bernazar terkait selesainya bendungan Lanta' Pumangka ini.

Dan memang bendungan ini merupakan bukti nyata, perhatian Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar pada peningkatan sektor pertanian masyarakat Kecamatan Bontosikuyu, sehingga sudah selayaknyalah jika warganya gembira dan melakukan syukuran, kunci Mohammad Basri.

Warga Bontosikuyu Syukuran, Bendungan Lanta' Pumangka, Siap Dimanfaatkan

Hadir dalam syukuran warga Bontosikuyu atas selesainya bendungan tersebut, Dandim 1415, Kapolres Kepulauan Selayar, Anggota DPRD, Kepala Pertanahan, Kadis Pertanian, Kapolsek Bontosikuyu, Danramil Bontosikuyu, Kabag Humas Pemkab, Para Kepala Desa dan BPD se-Kecamatan Bontosikuyu. Turut hadir Tokoh Masyarakat Selayar diantaranya, H. Ali Gandong bersama sejumlah tokoh masyarakat Kecamatan Bontosikuyu.

Warga Bontosikuyu Syukuran, Bendungan Lanta' Pumangka, Siap Dimanfaatkan


BACA SELANJUTNYA .....................................

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Media Selayar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

MEDIA SELAYAR. Diberdayakan oleh Blogger.