Selasa, 13 Februari 2018

Sekda Selayar Terima Rapor, Akuntabilitas Kinerja Pemda Dari KemenpanRB

MEDIA SELAYAR
. Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar, Dr. Ir. H. Marjani Sultan M.Si menghadiri penyerahan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2017 kepada pemerintah daerah di wilayah III, yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) di Jogyakarta, hari ini, Selasa, 13 Pebruari 2018. 

Penyerahan rapor akuntabiliats kinerja pemda dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur. Selain penyerahan hasil evaluasi SAKIP, Kedeputian Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan (RB Kunwas) Kemenpan-RB juga akan memberikan coaching clinic, pada Rabu besok 14 Pebruari 2018. 

Melalui rilis Kemenpan-RB, pada Seni kemarin bahwa hasil evaluasi SAKIP untuk putaran III diberikan kepada 163 Pemerintah kabupaten / kota  dari 12 pemerintah provinsi. Ke-12 pemprov itu meliputi DIY, Jawa Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua, serta Papua Barat.

Kemenpan-RB juga memberikan rekomendasi mengenai hal-hal yang perlu diperbaiki oleh setiap pemda sesuai dengan kondisi masing-masing.

Sementara itu Sekretaris Daerah, Dr. Ir. H. Marjani Sultan M.Si melalui telepon kepada Pewarta menjawab bahwa pelaksanaan kegiatan ini akan berlangsung sampai besok (Rabu). Dan hal ini sangat penting diikuti oleh seluruh Pemerintah Kabupaten/ Kota di tanah air, khususnya yang ikut pada kegiatan tahap ketiga ini, jelas H. Marjani. 

Pelaksanaan evaluasi SAKIP ini dilaksanakan bukan dalam rangka mengompetisikan instansi pemerintah, akan tetapi memetakan tingkat implementasi atas manajemen kinerja instansi pemerintahan. 

Hal ini diatur dalam amanat Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah dan Peraturan Presiden No 29/2014 tentang SAKIP, Kemenpan-RB pada 2017 telah melakukan evaluasi akuntabilitas kinerja terhadap kabupaten/kota yang sudah mengimplementasikan SAKIP. (Fad/Lo2)

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Media Selayar

MEDIA SELAYAR. Diberdayakan oleh Blogger.