Rabu, 07 Februari 2018

Opsi Dapil Maksimal, Agar Hasil Pemilu, Bisa Lebih Dekat Dengan Pemilihnya"

MEDIA SELAYAR. Pelaksanaan uji publik terkait penataan daerah pemilihan (dapil) Pemilu 2019 di Kabupaten Kepulauan Selayar dilaksanakan hari ini, Rabu 7 Pebruari 2018 di baruga rujab Bupati. Dikuti oleh Asisten III mewakili Bupati, Forkopinda, Para Perwakilan Partai, LSM dan Tokoh Masyarakat daerah ini.

Ketua Panwaslu Kabupaten Kepulauan Selayar, Muh. Tahir kepada Pewarta disela-sela pelaksanaan uji publik, menjawab bahwa hasil yang diharapkan bisa lahir dari pelaksanaan uji publik penataan daerah pemilihan ini adalah munculnya kesimpulan bersama, yang selanjutnya mendapat kajian untuk jumlah dapil yang pas pada pelaksanaan Pemilu 2019 yang akan datang.

Dengan mencontohkan 5 wilayah kecamatan Kepulauan Selayar, harus penuh dengan pertimbangan khusus terkait letak geografis, yang tentu saja kita tetap mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sehingga proses kehidupan berdemokrasi masyarakat Selayar dapat lebih terlaksana dengan baik, jelas Muh. Tahir

Ditanya mengenai pilih mana 3 dapil atau 5 dapil, Ketua Panwas Kabupaten Selayar menjawab bahwa bukan kita dihadapkan pada pilihan 3 atau 5 tapi bagaimana mendahulukan kepentingan para politis dari sisi kost politiknya dan bagaimana masyarakat pemilih dan para calonnya bisa lebih dekat. Sehingga perlu dipertimbangkan dari sisi geografisnya.

Opsi Dapil Maksimal, Agar Hasil Pemilu, Bisa Lebih Dekat Dengan Pemilihnya"

Sementara itu, H. Rakhmat Zaenal. Lc dari Pemerhati Demokrasi yang turut bersuara dalam pelaksanan uji publik ini kepada Pewarta menjelaskan bahwa pembagian dapil seharusnya tidak melihat prinsip-prinsip regulasi secara kaku.

Tapi prinsip integritas wilayah dan kohesifitas juga harus dilihat dari sudut pandang budaya dan substansi demokrasi itu sendiri. Pembagian dapil harus melihat korelasi pemilih dan yang dipilih.

Pembagian dapil tidak saja dilihat bagaimana sebelum pileg yaitu bagaimana mendapatkan kursi, tapi juga bagaimana setelah terpilih.

Karakter budaya masyarakat kita, mereka akan lebih mampu berkomunikasi dengan wakil terpilih yang dekat secara geografis, etnik ataupun entitas. Itulah kenapa semakin banyak dapil akan semakin baik, karena komunikasi antara pemilih dan yang dipilih akan semakin baik dan itulah inti demokrasi, tegasnya.

Ditanya mengenai pilih opsi mana dalam uji publik ini, pilih 3 dapil atau 5 dapil ?, Rakhmat Zaenal menjawab "Ambil opsi maksimal, 5 dapil" jawabnya.

Opsi (Pilihan) Usulan Dapil di Kabupaten Kepulauan Selayar untuk Pemilu 2019 sbb:

Opsi 3 Dapil :

Opsi 1 : Dapil I (Bontomatene, Buki dan Bontomanai ), Dapil II (Benteng, Bontoharu, dan Bontosikuyu ), Dapil III (Pasimasunggu, Pasimasunggu Timur, Takabonerate, Pasimarannu dan Pasilambena )

Opsi 2 : Dapil I (Bontomatene, Buki dan Bontomanai , Benteng ), Dapil II (Bontoharu, dan Bontosikuyu ), Dapil III (Pasimasunggu, Pasimasunggu Timur, Takabonerate, Pasimarannu dan Pasilambena )


Opsi 5 Dapil :

Opsi 1 : Dapil I (Bontomatene, Buki) Opsi II (Benteng, Bontomanai ), Dapil III ( Bontoharu, dan Bontosikuyu ), Dapil 4 (Pasimasunggu, Pasimasunggu Timur, Takabonerate), Dapil 5 (Pasimarannu dan Pasilambena ).

Opsi 2 : Dapil I (Bontomatene, Buki, Bontomanai) Opsi II (Benteng), Dapil III ( Bontoharu, Bontosikuyu), Dapil 4 (Pasimasunggu, Pasimasunggu Timur, Takabonerate), Dapil 5 ( Pasimarannu dan Pasilambena ).

BACA SELANJUTNYA ..............

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Media Selayar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

MEDIA SELAYAR. Diberdayakan oleh Blogger.