Kamis, 15 Februari 2018

Kadis Dikbud Pimpin Raker TA 2018, Tindak Lanjut Rembug Nasional Pendidikan

MEDIA SELAYAR. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar, Drs. Mustakim KR. M.P.d pimpin rapat kerja TA 2018 dengan Para Kepala Bidang, Kepala Seksi lingkup Dikbud dan Kepala Sekolah se- Kab. Kep. Selayar. Raker berlangsung di Baruga Guru kantor Dikbud, hari ini, Kamis 15 Pebruari 2018.

Rapat kerja ini dilaksanakan dalam rangka menindak lanjuti hasil rembuk nasional pendidikan dan kebudayaan tahun 2018. 

Kadis Dikbud Pimpin Raker TA 2018, Tindak Lanjut Rembug Nasional Pendidikan

Dalam arahannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. Mustakim. KR. M.Pd menyampaikan bahwa kebersamaan dalam pengembangan dunia pendidikan didaerah ini dibutuhkan kebersamaan dan kesamaan tujuan bagi seluruh stakeholder pendidik yang berkarakter. 

Mustakim menyampaikan bahwa pada Rembug Nasional Pendidikan 2018, adalah upaya pemerintah untuk menguatkan pendidikan karakter,membutuhkan keteladanan guru. Dan menurut Mustakim, bahwa guru yang baik bukan karena ia lulus dari lembaga pendidikan keguruan yang baik akan tetapi mampu memiliki karakter standar yang patut menjadi teladan. 

Kita tidak usah menilai karakter orang lain apalagi kepada siswa akan tetapi marilah kita berupaya menjadi seorang yang berkarakter dan bisa sadari diri untuk menjadi panutan dengan meningkatkan kontrol diri, kontrol emosi dan kontrol jiwa, tegas Mustakim. 

Upaya meningkatkan karakter bagi para guru adalah salah satu upaya untuk menghadirkan pola dan sistem yang bisa mendorong inovasi dan peningkatan keahlian sumber daya manusia agar terwujud kesejahteraan bersama sesuai amanat konstitusi.

Tidak ada kesejahteraan bangsa tanpa kecerdasan. Tidak ada negara maju tanpa cerdas bangsanya, tanpa maju bangsanya dan pendidikannya," tegas Kadis Dikbud Selayar ini dihadapan para tenaga pendidik yang hadir. 

Selain itu,dia juga menyampaikan pentingnya budaya belajar dimasyarakat. Kadis menyampaikan pada Kepala Sekolah agar memperbaiki manajemen di sekolah. Termasuk diantaranya hal yang dapat dilakukan adalah program pertukaran kepala sekolah dan guru.

Terkait kegiatan pemerataan guru-guru kewilayah kepulauan, Kadis Dikbud juga memaparkan perkembangannya termasuk menyebut bahwa masih banyak yang belum mengetahui tujuan dari program ini.

Bahwa setelah melalui kajian,dan melalui koordinasi dengan berbagai pihak, pemerintah berencana untuk kembali mengangkat tenaga pendidik khusus diwilayah kepulauan Selayar. Tapi ini baru sebuah rencana. Namun lambat atau cepat pasti akan terlaksana, jelasnya lagi. 

Yang pasti, untuk tahun 2018 ini, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar merencanakan akan membangun dan memperbaiki fasilitas pendidikan di wilayah pulau daratan serta melakukan rehabilitasi dan menambah rumah dinas bagi para guru diwilayah kepulauan.

Mustakim juga menyampaikan bahwa dirinya sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan banyak menerima kritik dan masukan serta saran-saran baik secara langsung maupun melalui media publik.

Saran, masukan dan kritukan inilah yang diserap untuk kemudian diajukan kepada pemerintah kabupaten dalam bentuk program, yang selanjutnya kita sebagai tenaga pendidik mengimplementasikannya dilapangan.

Kegiatan pertemuan kerja ini diakhiri dengan pesan-pesan kepada para tenaga pendidik dari Kepala Dinas dan diskusi serta tanya jawab dan masukan dari Para Kepala Sekolah. Yang langsung dijawab oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. (Lo2/Takwin)

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Media Selayar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

MEDIA SELAYAR. Diberdayakan oleh Blogger.