Selasa, 06 Februari 2018

Ini Opsi-Opsi Perubahan Dapil, Pemilu 2019, Di Kab. Kep. Selayar

MEDIA SELAYAR
. Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Selayar, Hasiruddin Yudistira pimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Pencermatan Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) Pemilu 2019 di Kabupaten Kepulauan Selayar. Rakor ini berlangsung pada Senin 5 Pebruari 2018 di Kantor KPU Kabupaten Kepulauan Selayar.

Rapat Koordinasi Pencermatan Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) Pemilu 2019 ini dihadiri oleh Komisioner Mamulyadi dan Kasubbag Hukum Andi Dewantara, dari Panwaskab dihadiri oleh Ketua Panwaskab Muhammad Tahir dan Drs Sirajuddin. Sementara peserta Rakor dari utusan 14 Parpol di Kabupaten Kepulauan Selayar. 

Dalam Komisioner Mamulyadi menyebutkan 7 Opsi (Pilihan) Usulan Dapil di Kabupaten Kepulauan Selayar untuk Pemilu 2019 sbb:
a. 3 Dapil :

- Opsi 1 : Dapil I (Bontomatene, Buki dan Bontomanai ), Dapil II (Benteng, Bontoharu, dan Bontosikuyu ), Dapil III (Pasimasunggu, Pasimasunggu Timur, Takabonerate, Pasimarannu dan Pasilambena )

- Opsi 2 : Dapil I (Bontomatene, Buki dan Bontomanai , Benteng ), Dapil II (Bontoharu, dan Bontosikuyu ), Dapil III (Pasimasunggu, Pasimasunggu Timur, Takabonerate, Pasimarannu dan Pasilambena )

b. 4 Dapil :

-Opsi 1 : Dapil I (Bontomatene, Buki dan Bontomanai ), Dapil II (Benteng, Bontoharu, dan Bontosikuyu ), Dapil III (Pasimasunggu, Pasimasunggu Timur, Takabonerate) Dapil 4 (Pasimarannu dan Pasilambena )

-Opsi 2 : Dapil I (Bontomatene, Buki dan Bontomanai ), Dapil II (Benteng), Dapil III ( Bontoharu, dan Bontosikuyu ), Dapil 4 (Pasimasunggu, Pasimasunggu Timur, Takabonerate, Pasimarannu dan Pasilambena )

-Opsi 3 : Dapil I (Bontomatene, Buki) Dapil II (Benteng, Bontomanai ), Dapil III ( Bontoharu, dan Bontosikuyu ), Dapil 4 (Pasimasunggu, Pasimasunggu Timur, Takabonerate, Pasimarannu dan Pasilambena).

c. 5 Dapil :

- Opsi 1 : Dapil I (Bontomatene, Buki) Opsi II (Benteng, Bontomanai ), Dapil III ( Bontoharu, dan Bontosikuyu ), Dapil 4 (Pasimasunggu, Pasimasunggu Timur, Takabonerate), Dapil 5 (Pasimarannu dan Pasilambena ).

- Opsi 2 : Dapil I (Bontomatene, Buki, Bontomanai) Opsi II (Benteng), Dapil III ( Bontoharu, Bontosikuyu), Dapil 4 (Pasimasunggu, Pasimasunggu Timur, Takabonerate), Dapil 5 ( Pasimarannu dan Pasilambena ).

Adapun pendapat-pendapat dari masing-masing utusan Parpol yaitu :

1. Nasdem ( Yusuf sahar): Mendukung tetap 3 Dapil Opsi 1 seperti Pemilu 2014

2. PSI (Leonardo) : 3 Dapil Opsi 1 sudah sesuai

3. Hanura : Agar penetapan Dapil memperhatikan aspek integritas.

4. PKB (Nazaruddin) : Mendukung Opsi 3 Dapil Opsi 1, karena dapat membuat partai kecil dapat bersaing dengan partai besar.

5. PKS ( Rudi S.Pt ) Kita dalam demokrasi ini perlu ada warna olehnya itu kita dukung Opsi 3 Dapil Opsi I.

6. Parsindo : Menyerahkan kepada KPU dengan mengedepankan kepentingan kepada Masyarakat.

7. PKPI H. Dg Sigauk : 3 Dapil Opsi 1

8. Demokrat (Adrian) ; Kecamatan di Pulau perlu dibagi karena masalah akses oleh karenanya demokrat mendukung Opsi 4 Dapil Opsi 1.

9. Berkarya (Ahmad ) ; 4 Dapil Opsi 1

10. Gerindra (Edy) ; 3 Dapil Opsi 1 dan 4 Dapil Opsi 3

11. Garuda (Subhan); Saya memilih 4 Dapil Opsi 1.

12. PPP (Ahmad) : Memilih 3 Dapil Opsi 1

13. PAN (Firdaus) : Mendukung Opsi 4 Dapil Opsi 1 dan 5 Dapil Opsi 2.

14. Golkar (Muhammading) : Mendukung 5 Dapil Opsi I

Pda tanggal 07 Februari 2018 Opsi Dapil ini akan diuji Publik ke masyarakat dan pada tanggal 09 Februari akan dikirim ke KPU Propinsi.

Berdasarkan perkembangan opini sementara ada 2 Opsi yang cukup menonjol yaitu 3 Dapil Opsi 1 dan 4 Dapil opsi 1. Dengan perbedaan adalah memecah 5 Kecamatan kepulauan atau tetap dengan 1 Dapil.  

Sementara opsi lainnya adalah 5 dapil dengan penguatan bahwa keterwakilan diwilayah kepulauan masih belum terpenuhi bila hanya 3 dapil. (Ajen)

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Media Selayar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

MEDIA SELAYAR. Diberdayakan oleh Blogger.