Rabu, 21 Februari 2018

Basli : Masyarakat Perlu Tahu, Bahwa Di Selayar Sudah Ada Bank Sampah


MEDIA SELAYAR. Bupati Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali, launcing penjualan perdana sampah plastik dari Bank Sampah Bonea, hari ini Rabu, 21 Pebruari 2018 di lokasi Bank Sampah Bonea, Benteng Utara, Kabupaten Kepulauan Selayar.

Berdirinya bank sampah ini dilaksanakan sebagai bentuk keprihatinan Pemerintah dengan bertambahnya jumlah produksi sampah didaerah ini. Hal ini disebabkan karena pertumbuhan penduduk tentu yang semakin pesat. Olehnya itu dibuatlah satu kemitraan dalam penanganannya, yang pola kegiatannya dilaksanakan dengan bermitra antara pengelola bank sampah dan masyarakat.

Saat ini Bank sampah di Selayar sudah mempunyai sedikitnya 450 orang nasabah. Juga telah dibuka Call center pengaduan bagi masyarakat bahkan seluruh pegawai Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta tenaga kebersihan telah diasuransikan.

Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali dalam sambutannya mengatakan bahwa sampah telah menjadi permasalahan yang dinilai cukup kompleks sehingga perlu penanganan terpadu mulai dari hulu sampai hilir. Selain itu lebih penting tentunya adalah prilaku masyarakat.

Program  ini dapat memberi manfaat kepada masyarakat. Oleh karena itu perlu diketahui oleh masyarakat. Ada strategi khusus yang diterapkan sehingga masyarakat dengan sendirinya dapat memilah sampahnya bahkan kalau perlu sudah ada daftar harga bagi mereka

Dikatakannya disetiap lingkungan sudah ada perpanjangan tangan dari bank sampah. Dengan tersedianya Bank sampah ditiap lingkungan maka masyarakat akan memilah sampahnya untuk dijual, jelas Basli.

Bupati berharap agar setelah acara ini dapat ditindak lanjuti sehingga masyarakat kita dapat menambah penghasilan mereka demi untuk kesejahteraannya. "Selanjutnya masyarakat harus tahu, kalau saat ini sudah ada bank sampah di Selayar' jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Kepulauan Selayar Ir. Nur Kamar MM melaporkan. Tentang  upaya penanganan sampah yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan mulai dari sosialisasi ke masyarakat, Bantuan mesin jahit, Pelatihan manajemen persampahan mulai dari hulu ke hilir  dan pendirian Bank sampah. (*)

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Media Selayar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

MEDIA SELAYAR. Diberdayakan oleh Blogger.