Selayar
Home » , , , , , , » KPU Selayar Laksanakan Raker Persiapan Coklit Data Pemilih

KPU Selayar Laksanakan Raker Persiapan Coklit Data Pemilih

Penulis Media Selayar on Selasa, 09 Januari 2018 16.15.00

KPU Selayar Laksanakan Raker, Persiapan Coklit Data Pemilih

MEDIA SELAYAR. KPU Kepulauan Selayar melaksanakan Rapat Kerja (Raker) bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Raker dilaksanakan untuk persiapan pencocokan dan penelitian (coklit) pemutakhiran data pemilih, dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Tahun 2018. Raker berlangsung di Kantor KPU Kabupaten Kepulauan Selayar, hari ini, Selasa, 9 Januari 2018.

Raker dihadiri oleh Komisioner KPU diantaranya, Muh Darwis dan Andi Nastuti dan 33 orang PPK se- Kabupaten Kepulauan Selayar. Kegiatan dipandu oleh Kasubbag Program dan DataSekretariat KPU, Andi Usman.

Andi  Nastuti ( Divisi  Data ) dalam paparannya dalam raker ini menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan agar PPK se Kabupaten Kepulauan Selayar mendapatkan pemahaman mengenai proses dan tata cara pencoklitan sehingga ilmu yang didapatkan dapat diturunkan kepada PPS.

Selanjutnya dapat memberikan bimbingan teknis kepada Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPD) di kecamatan masing-masing sehingga dapat meminimalkan potensi kesalahan dilapangan nantinya.

Lebih lanjut Ia menyampaikan bahwa sesuai dengan tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Wali kota Tahun 2018 yang tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2017, kegiatan pencocokan dan penelitian terhadap data pemilih dilaksanakan mulai tanggal 20 Januari sampai dengan 18 Februari 2018.

Sejalan dengan hal tersebut, KPU RI telah mencanangkan Gerakan Coklit Serentak pada tanggal 20 Januari 2018 yang akan dilaksanakan di 30 provinsi dan 381 Kabupaten/Kota. Coklit dilaksanakan serentak, agar gaung dari kegiatan ini menyebar luas kepada seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Kepulauan Selayar sehingga masyarakat secara sadar untuk mendaftarkan dirinya sebagai pemilih.

Gerakan coklit merupakan upaya penyempurnaan data pemilih sebelum ditetapkan menjadi data pemilih tetap. Oleh sebab itu gerakan coklit ini sangat penting dan perlu dilakukan bersama-sama secara serentak agar nuansa ataupun masyarakat bisa memandang bahwa KPU siap untuk melaksanakan pilkada Tahun 2018.

Sementara itu Andi Usman ( Kasubbag Program dan Data) dalam penjelasannya mengatakan bahwa dalam pelaksanaan coklit serentak ini, mulai dari komisioner hingga ke sekretariat KPU, PPK, PPS masing-masing akan mencoklit 5 rumah ditanggal 20 Januari 2018 tersebut.

Coklit harus didokumentasikan sebagai bentuk pertanggung  jawaban dan bukti validasi data pemilih. Hal ini  juga dapat mencegah permasalahan -permasalahan data pemilih.  (Ajen)


BACA SELANJUTNYA................


0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar