Selayar
Home » , , , , , » Niat Kuat Wujudkan Selayar Jadi KEK Pariwisata, Bupati Pimpin Studi Banding Ke Mandalika

Niat Kuat Wujudkan Selayar Jadi KEK Pariwisata, Bupati Pimpin Studi Banding Ke Mandalika

Penulis Media Selayar on Minggu, 17 Desember 2017 09.39.00


MEDIA SELAYAR. Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar gandeng Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD), pekan ini melakukan studi banding ke Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Studi banding ini dipimpin langsung oleh Bupati Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali.

Studi Banding Pemerintah Daerah Dan BPPD Kabupaten Kepulauan Selayar ini dilaksanakan Dalam Membangun Komunikasi, Jaringan Informasi dan Promosi Pariwisata Serta Proses Pengusulan Pembentukan KEK dan RIPPRKAB Ke Kabupaten Lombok Tengah yang dikenal dan merupakan salah satu Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata percontohan di Indonesia.

Dalam studi banding ini, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar bertemu dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah dan Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sebagai BUMN pengelola dan pengembangan KEK Mandalika. Selain itu melakukan pertemuan serta diskusi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan NTB.

Dalam kesempatan ini, Bupati Kepulauan Selayar menyampaikan adanya rencana daerah yang dipimpinnya dijadikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata. Olehnya itu, mereka ke Mandalika untuk mengetahui lebih jauh, apa yang menjadi perhatian utama Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah sehingga mampu menjadikan daerahnya menjadi salah satu kawasan ekonomi khusus pariwisata di Indonesia.

“Tujuan kunjungan kami adalah untuk belajar bagaimana cara mengelola pariwisatanya. Kami melihat di Lombok ini perkembangan sektor pariwisatanya sangat pesat, oleh karena itu kami datang ke sini untuk berbagi pengetahuan tentang pariwisata terutama untuk mengetahui langkah dan upaya serta proses menjadi kawasan ekonomi khusus pariwisata dapat kami ketahui,” jelas Muh. Basli Ali diawal perkenalan.

Sementara itu Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sebagai BUMN pengelola dan pengembangan KEK Mandalika dalam penerimaannya memaparkan kondisi Mandalika dan sejumlah hal mengenai pengembangan daerah ini.

Berbagai hal dibahas dalam pertemuan ini di antaranya adalah mekanisme koordinasi lintas sektoral dalam mewujudkan KEK, regulasi terkait pembebasan lahan di KEK, pembagian tanggung jawab pembangunan infrastruktur di dalam dan di luar KEK serta mekanisme pendanaannya, dan fasilitas dan insentif yang diberikan kepada investor dan pengelola KEK.

Diakhir pertemuan, Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar berharap adanya kerjasama dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC ) dalam pengembangan KEK Pariwisata di masa mendatang.

Beberapa hal yang menjadi perhatian BPPD di antaranya adalah prosedur perizinan oleh Administrator, pendapatan dari pengelolaan KEK, serta sektor industri yang dikembangkan di KEK Pariwisata.

Untuk melihat pengalaman pengembangan KEK Pariwisata di Lombok, Tim Studi Banding Selayar melakukan kunjungan ke sejumlah tempat wisata, diantaranya Kawasan Mandalika dan Desa Wisata. Dalam kesempatan ini Tim Studi Banding Selayar didampingi oleh Kepala Administrator KEK Mandalika. .
Beberapa hal dibahas dalam pertemuan ini di antaranya adalah pembebasan lahan, prosedur perizinan oleh Administrator, dan promosi investasi. Selain itu peningkatan kapasitas pelayanan SDM dalam pelayanan administrasi investasi dan perizinan.


KEK Mandalika berkembang dengan baik sesuai rencana karena dikelola oleh korporasi yang berpengalaman. Terlebih lagi, pemerintah memberikan berbagai dukungan dan kemudahan bagi investor. Selain itu dukungan infrastruktur bagi peningkatan peluang ekonomi

Pembangunan infrastruktur konektivitas diharapkan akan membuat sektor pariwisata berkembang pesat.
Kota yang mayoritas penduduknya muslim ini juga merupakan daerah yang saat ini telah menjadi daerah kunujungan wisata bersaing dengan daerah tetangganya Bali.

Studi Banding Pemerintah Daerah Dan BPPD Kabupaten Kepulauan Selayar dalam membangun komunikasi, jaringan informasi dan promosi Pariwisata serta proses pengusulan pembentukan KEK dan RIPPRKAB Ke Kabupaten Lombok Tengah ini diharapkan mampu menghasilkan kajian menggembirakan dalam mewujudkan Kabupaten Kepulauan Selayar menjadi salah satu Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata di Indonesia. (Lo2) 

#SemuaUntukSelayar
#AyoKeSelayar



 BACA JUGADikbud Selayar Akan Bentuk Tim Pendataan Kekayaan Budaya Lokal

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar